Asal Usul Virus Corona Bukan dari Lab Wuhan, WHO: Sangat Tidak Mungkin

M. Iqbal
Rabu, 10 Februari 2021 | 10:46 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menegaskan jika virus Corona tidak berasal dari laboratorium Wuhan, China.

Dikutip dari Detik.com, kemungkinan Covid-19 berasal dari laboratorium di Wuhan akibat insiden menjadi salah satu dari empat hipotesis yang dianalisa para penyelidik WHO selama misi mereka mencari asal usul pandemi.

Baca juga: Ayah Tujuh Anak Ini Lumpuh Setelah Disuntik Vaksin Johnson & Johnson

"Itu sangat tidak mungkin (dari laboratorium Wuhan), dan penelitian lebih lanjut tidak diperlukan untuk teori ini," kata Dr Peter Ben Embarek, ujar tim penyelidik WHO, Selasa 9 Februari 2021.
 
Ada spekulasi di awal pandemi yang menyebut jika virus Corona diproduksi atau secara tidak sengaja bocor dari laboratorium di Institut Virologi Wuhan, yang terlibat dalam penelitian virus Corona.

Namun teori itu sebagian besar telah ditolak oleh komunitas ilmiah global dan peneliti China yang bekerja di laboratorium tersebut.

Baca juga: Media Sosial India Dibanjiri Teriakan Bantuan Keluarga Penderita COVID-19 di Tengah Meningkatnya Kasus

Ada beberapa hipotesis yang dieksplorasi oleh tim WHO. Selain hipotesis virus Corona berasal dari laboratorium Wuhan, yang sudah dibantah, tiga analisis lain termasuk virus melompat langsung dari inang hewan; menginfeksi manusia melalui hewan perantara; dan kemungkinan penularan ke manusia melalui makanan beku.

"Kami tahu bahwa virus dapat bertahan di lingkungan yang dingin dan beku ini, tetapi kami tidak benar-benar memahami apakah virus kemudian dapat menularkan ke manusia dan dalam kondisi apa hal ini dapat terjadi," terang Dr Embarek.


Virus Covid-19 WHO
Informasi Anda Genggam


Loading...