Bukan Amerika atau China, Wahana Milik Negara Arab Ini Duluan Sampai di Orbit Mars

Satria Utama
Kamis, 11 Februari 2021 | 11:17 WIB
Wahana sejumlah negara berusaha sampai ke orbit mars R24/saut Wahana sejumlah negara berusaha sampai ke orbit mars

RIAU24.COM -  Sejarah baru di bidang antariksa berhasil diukir Uni Emirat Arab (UEA). Wahana luar angkasa Hope, milik negara timur tengah itu berhasil menyambangi orbit Planet Mars. Bahkan, Hope mendahului wahana besutan Amerika Serikat dan Tiongkok yang juga hampir sampai ke orbit Mars.

Hope mencapai Mars pada pukul 7.42 malam waktu setempat dan mengirimkan sinyal pertama ke bumi setelah itu.

Baca juga: Studi Menunjukkan Interval yang Lebih Lama Antara Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Meningkatkan Tingkat Antibodi Secara Keseluruhan

"204 hari dan lebih dari 480 juta kilometer, #HopeProbe sekarang sudah menangkap orbit dari Mars," demikian bunyi akun Twitter resmi dari misi ambisius tim Mohammed Bin Rashid Space Centre, dengan hashtag #ArabToMars, seperti dilansir jpnn.

Pencapaian tersebut tentu sebuah hasil yang sangat monumental, pasalnya peluang itu hanya sekitar 50 persen di mana separuh misi ke Mars gagal.

Keberhasilan tiba di orbit Mars jelas memberikan gairah penelitian terkait Mars, yang datanya masih sangat minim.

Beberapa negara pun mengucapkan selamat atas pencapaian Uni Emirat Arab, termasuk lembaga antariksa NASA.

Baca juga: Akui Jika Vaksin Sinovac dan Sinopharm Kurang Efektif Dalam Mencegah COVID-19, China Akan Kembangkan Booster Shots Terbaru

"Selamat @HopeMarsMission tiba dengan selamat di orbit Mars. Usaha keras Anda untuk mengeksplorasi Planet Merah akan menginspirasi yang lain mencapai bintang," tulis NASA. 

Misi bersejarah UEA, yang diberi nama Hope, diluncurkan dari Jepang pada Juli 2020. Hope akan mengeksplorasi atmosfer Mars dan ini akan menjadi misi pertama yang secara khusus meneliti atmosfer planet tersebut.

Secara khusus, penelitian tersebut diharapkan bisa membantu memberi jawaban mengatakan Mars kehilangan begitu banyak udara dan karenanya kehilangan air.

Berbeda dengan misi China dan AS, Hope tidak akan mendarat di permukaan Mars.

Hope akan mengorbit Mars selama satu tahun menurut kalender planet ini, yaitu 687 hari. Data yang dikirim Hope rencananya tiba di Bumi mulai September tahun ini.***


Informasi Anda Genggam


Loading...