Indonesia Sempat Diisukan akan Normalisasi Hubungan Dengan Israel, Menlu Retno Balik Tegaskan Hal Ini

Siswandi
Kamis, 11 Februari 2021 | 12:50 WIB
Ilustrasi R24/wan Ilustrasi

RIAU24.COM -  Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, menegaskan, Indonesia tetap memegang komitmen mendukung kemerdekaan Palestina. Penegasan ini sekaligus sebagai bantahan isu yang sudah terlanjur tersebar, yang menyebutkan Indonesia akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Menurut Retno, komitmen dukungan Indonesia terhadap Palestina, disampaikannya saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki di Amman, Yordania. 

"Saya tegaskan kembali posisi Indonesia teguh terhadap Palestina," katanya dalam konferensi pers bersama, Rabu 10 Februari 2021 waktu setempat.

Dilansir tempo, Retno menambahkan, ketegasan sikap Indonesia ini telah disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam percakapan teleponnya dengan Presiden Mahmoud Abbas pada Desember 2020.

Baca juga: Menakjubkan, Ilmuwan ini Hidupkan Kembali Albert Einstein Dari 'Kematian'

"Dukungan selalu didasarkan pada Resolusi Dewan Keamanan PBB dan parameter yang disepakati secara internasional, termasuk solusi dua negara," ujar dia.

Al Maliki mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia atas komitmennya mendukung negaranya selama ini. Menurut dia, keteguhan itu seolah menjadikan Indonesia seperti saudara sendiri.

"Itulah mengapa kami melihat Indonesia negara persaudaraan. Kami melihat orang Indonesia, kami melihat orang-orang persaudaraan," lontarnya. 

Baca juga: 20.000 Liter Minyak Goreng Tumpah Di Jalan Raya Setelah Mobil Tangki Menabrak Ruas Tol

Seperti diketahui, Indonesia sempat diisukan akan menormalisasi hubungannya dengan Israel, seperti sejumlah negara berpenduduk mayoritas Islam lainnya, seperti Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Qatar. 

Isu ini semakin kuat, setelah muncul isu Amerika Serikat siap untuk memberikan bantuan sebesar Rp14 triliun kepada Indonesia bila berdamai dengan Israel. Namun sejauh ini, Indonesia membuktikan komitmennya mendukung Palestina merdeka. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...