Peluang Anak Jokowi Maju di Pilpres 2024 Terbuka, Pengamat: Ayahnya Masih Jadi Presiden Saat Pilpres

M. Iqbal
Jumat, 12 Februari 2021 | 13:46 WIB
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka R24/ibl Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka

RIAU24.COM - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan jika peluang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sangat terbuka untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

Karena, kata dia, tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. "Hal yang mungkin Gibran akan maju di Pilpres 2024. Karena tak ada yang tak mungkin di politik. Apalagi ayahnya masih jadi Presiden ketika Pilpres nanti," ujarnya dilansir dari Rmol.id, Jumat, 12 Februari 2021.

Baca juga: Bukan Karena Prestasi, Ini Faktor yang Membuat Elektabilitas Prabowo Masih Tinggi

Dia menyebutkan, terkait pencalonan Gibran yang disebut-sebut beberapa kalangan telah dipersiapkan lantaran UU Pemilu tidak direvisi, bisa saja ada dua skenario jika dilihat dari kacamata politik.

"Pertama, disiapkan jadi capres atau cawapres. Yang kedua, bisa juga disiapkan untuk jadi Gubernur DKI Jakarta di 2024. Jika gagal jadi caprew atau cawapres, maka akan didirong jadi cagub DKI Jakarta," kata Ujang.

Baca juga: Amin Rais Disandingkan Dengan Gus Dur, Begini Kata Yenny Wahid

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini menilai jalan Gibran akan mulus baik dicalonkan di Pilkada DKI Jakarta maupun Pilpres 2024 mendatang. Dengan catatan, tidak terjadi perubahan politik yang tidak terduga menyerang Jokowi.

"Mungkin saja akan mulus. Seperti Jokowi dorong Gibran jadi Walikota Solo. Kecuali ada perubahan politik yang tak bisa diduga-duga yang menyerang Jokowi karena kesalahan yang dilakukannya," tuturnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...