NASA Menampilkan Detik-Detik Dramatis Pendaratan di Mars

Devi
Selasa, 23 Februari 2021 | 11:17 WIB
Foto : Okezone R24/dev Foto : Okezone

RIAU24.COM -  NASA meluncurkan video pertama dan gambar berwarna dari Perseverance yang mendarat di Mars pada hari Senin, disertai dengan rekaman suara pertama dari permukaan Mars.

Video tersebut, diputar pada konferensi pers, menunjukkan pesawat luar angkasa itu meledakkan tanah merah saat mendarat di permukaan Mars pada 18 Februari, mengikuti urutan pendaratan yang digambarkan staf NASA berjalan sesuai rencana - termasuk sejumlah kecil goyang bolak-balik. dan pelambatan mesin. Penjelajah tersebut melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama hampir tujuh bulan, menempuh jarak 472 juta km (293 juta mil) sebelum mendarat dengan selamat di Mars pada kecepatan 19.000 km / jam (12.000 mph).

Al Chen, insinyur sistem di grup Entry, Descent, and Landing Systems and Advanced Technologies di Jet Propulsion Laboratory NASA, mengatakan "kita bisa menghabiskan waktu sepanjang hari untuk melihat" gambar-gambar itu.

Baca juga: Negara Ini Pilih Tak Perpanjang Masa Darurat Meskipun Covid-19 Kian Mengkhawatirkan

Chen mengatakan data yang datang dari Mars memberikan "harta karun yang kaya" berupa gambar dan suara dari permukaan planet merah. Penonton didorong untuk menonton video dengan kecepatan lambat untuk mengamati detail ini. Suara-suara yang direkam oleh penjelajah tersebut menampilkan pemandangan planet yang terpencil, menampilkan hembusan angin Mars yang kuat dan hal unik lainnya.

Perseverance adalah penjelajah sains Mars kelima milik NASA, dan merupakan laboratorium astrobiologi paling canggih yang pernah dikirim ke planet asing. Ada 49 misi ke Mars sejak 1960 oleh sembilan negara. Rover dan program yang menyertainya menelan biaya sekitar USD 2,7 miliar dan membutuhkan waktu dua tahun untuk dikembangkan.

NASA berharap dapat menemukan kemungkinan bukti kehidupan yang belum sempurna, termasuk tanda-tanda mikroba, dalam sedimen kuno yang diambil dari batuan Mars oleh Perseverance. Spesimen tersebut akan menjadi yang pertama dikumpulkan oleh manusia dari planet asing.

Baca juga: Taliban Kian Ganas, Pakistan Ambil Sikap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan

NASA telah merencanakan dua perjalanan lebih lanjut ke Mars untuk mengambil spesimen dan mengembalikannya ke Bumi. Perjalanan masa depan tersebut direncanakan dalam dekade berikutnya.

Justin Maki, seorang ilmuwan di JPL yang telah bekerja di kelima misi penjelajah Mars, mengatakan pada konferensi pers bahwa dia tahu 2020 adalah tahun yang sulit bagi dunia dan bahwa dia berharap gambar Perseverance, yang tersedia untuk umum, akan membantu meringankan rasa sakit.

“Kami sangat senang dan bangga… kami berharap gambar-gambar ini akan membantu penelitian di masa yang akan datang.”


Informasi Anda Genggam


Loading...