NASA Menunjukkan Gambar Planet Venus yang Bersinar Dalam Gelap Usai Dibombardir Oleh Batu Luar Angkasa, Begini Penampakannya...

Devi
Senin, 01 Maret 2021 | 14:07 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM -  NASA telah membagikan gambar planet Venus yang ditangkap oleh Parker Solar Probe-nya. Penyelidik telah menjalankan misi untuk menemukan rahasia planet tersebut dan telah bertugas selama lebih dari dua tahun sekarang.  

Wahana Venus menangkap gambar planet itu pada Juli 2020, namun memutuskan untuk membagikan gambar tersebut baru-baru ini.

Dilansir dari India Times, gambar ini menunjukkan sisi malam Venus. Planet Venus dikelilingi oleh beberapa garis yang mungkin terlihat seperti beberapa asteroid yang memasuki planet ini, namun kenyataannya, garis tersebut adalah kombinasi dari sinar kosmik serta puing dan debu. Gambar itu diambil ketika wahana itu benar-benar dekat dengan Venus pada jarak sekitar 7.693 mil, yang ya, masih banyak, tapi tidak ada apa-apa di luar angkasa.

Baca juga: Rumor iPhone 14 Bocor, Menggunakan Kamera 48 MP dan Versi Mini Ditiadakan

Bersamaan dengan ini, gambar juga menunjukkan lingkaran cahaya yang agak terang di sekitar planet Venus yang meluas ke sisi gelapnya - sesuatu yang tidak diharapkan oleh para ilmuwan.

Gambar yang agak luar biasa ini ditangkap oleh WISPR di atas Parker Solar Probe. WISPR adalah singkatan dari 'Wide-Field Imager for Parker Solar Probe' (ya, kami tahu bahwa singkatannya tidak masuk akal). Modul sisi kotak sepatu ini dirancang untuk gambar dari jauh struktur seperti lontaran massa koronal, tetapi modul ini juga menangkap gambar planet dengan baik - sesuatu yang menurut para ilmuwan NASA tidak dapat dilakukan.

Baca juga: Apple Akan Gelar Acara Spesial Pada 20 April 2021

NASA menyatakan dalam sebuah posting blog, "Pengamatan yang mengejutkan ini mengirim tim WISPR kembali ke lab untuk mengukur sensitivitas instrumen terhadap cahaya inframerah. Jika WISPR benar-benar dapat menangkap panjang gelombang cahaya inframerah-dekat, kemampuan tak terduga tersebut akan memberikan peluang baru untuk mempelajari debu di sekitar Matahari dan di tata surya bagian dalam. Jika ia tidak dapat mengambil panjang gelombang infra merah ekstra, maka gambar-gambar ini - yang menunjukkan ciri khas fitur di permukaan Venus - mungkin telah mengungkapkan "jendela" yang sebelumnya tidak diketahui melalui atmosfer Venus. "

Para peneliti di balik WISPR juga memiliki beberapa penjelasan seputar cahaya halo planet Venus. Mereka percaya bahwa hal itu disebabkan karena atom oksigen bermuatan di atmosfer planet yang bergerak ke sisi malam planet. Juga, tampaknya lebih ditekankan di sini karena di sini lebih gelap.


Teknologi Venus
Informasi Anda Genggam


Loading...