Kisruh Berlanjut, Tempat Ini Disebut-sebut Jadi Tempat KLB untuk Mengkudeta AHY dari Ketum Demokrat

Siswandi
Senin, 01 Maret 2021 | 15:33 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang masih diterpa isu KLB. Foto: int R24/wan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang masih diterpa isu KLB. Foto: int

RIAU24.COM -  Kisruh di tubuh Partai Demokrat, tampaknya belum menyurut. Bahkan sebaliknya, upaya kudeta terhadap Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, diduga masih berlanjut. Bahkan, sudah beredar kabar tentang daerah yang akan dijadikan tempat menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menggeser AHY tersebut. 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. Ia mengaku sudah menerima informasi tentang rencana lokasi KLB yang disebut-sebut digagas sejumlah pendiri dan senior partai berlambang Mercy itu.

"Kalau katanya di Bali, sudah ada pernyataan teman-teman di Bali," lontarnya, Senin 1 Maret 2021.

Baca juga: Hari Kartini, Fahri Hamzah: Jangan Lupa Bahagia

"Sehubungan dengan diembuskannya isu bahwa KLB ilegal Partai akan digelar di Bali, kami kader Demokrat se-Bali menyatakan, satu, bahwa kegiatan KLB tersebut kami pastikan ilegal. Dua, menolak dengan tegas digelarnya KLB ilegal tersebut di Bali," demikian tertulis dalam pesan tersebut, yang menurut Herzaky merupakan pernyataan dari DPD dan DPC Demokrat di Bali. 

Dilansir tempo, para pengurus Demokrat di Bali pun meminta pemerintah daerah, kepolisian, serta pihak berwenang lainnya untuk tak memberikan izin kegiatan KLB tersebut. 

Pasalnya, merke menyebutkan KLB itu dipastikan tak akan memenuhi unsur kepemilikan suara sah dan syarat KLB, sebagaimana diatur dalam AD/ART Demokrat hasil kongres V tanggal 15 Maret 2020 lalu. Aturan ini juga telah disahkan Kementerian Hukum dan HAM tanggal 18 Mei 2020.

"Bila dipaksakan, maka kami tidak akan tinggal diam dan izinkan kami untuk bergerak meneggakkan swadharma kami kepada Partai Demokrat," begitu bunyi pesan itu.

Baca juga: Mahfud MD Ucapakan Selamat Ulang Tahun Pada PKS, Warganet: I No Like Pekaes

Tempo sendiri sempat menghubungi salah satu penggagas KLB Partai Demokrat, Darmizal, untuk mengonfirmasikan benar atau tidaknya rencana itu. Namuns ejauh ini belum direspon yang bersangkutan. 

Sebelumnya, Darmizal memang menyatakan kongres luar biasa akan digelar dalam waktu dekat. Menurutnya, salah satu faktor yang menjadi pemantik pelaksanaan KLB tersebut, adalah pemecatan terhadap sejumlah kader Demokrat, yang diputuskan pengurus pusat Demokrat baru-baru ini. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...