Resmi Dibuka, Festival Pekanbaru Bandaraya Melayu Tampilkan Berbagai Atraksi Seni dan Budaya

Satria Utama
Rabu, 03 Maret 2021 | 22:04 WIB
Pembukaan Festival Pekanbaru Bandaraya Melayu 2021 R24/saut Pembukaan Festival Pekanbaru Bandaraya Melayu 2021

RIAU24.COM -  Walikota Pekanbaru yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru H. Nurfaisal, membuka secara resmi Festival Pekanbaru Bandaraya Melayu 2021, di Mal Pekanbaru, Rabu (3/3/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Disbudpar mengatakan kegiatan ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pekanbaru.

Baca juga: Wow, Napi Lapas Kelas II Pekanbaru Kendalikan 20 Kilogram Sabu dan Puluhan Ribu Ekstasi

"Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya Melayu di tengah-tengah kehidupan masyarakat kota Pekanbaru. Kita tidak ingin nantinya anak cucu kita melupakan nilai-nilai luhur budayanya sendiri,"  kata Nurfaisal.

Ditambahkannya sebagai kota yang berumur 237 tahun, Pekanbaru selain kaya dengan budaya juga banyak memiliki peninggalan bersejarah yang berpotensi menjadi daya tarik pariwisata. Menurutnya, Pekanbaru dapat meniru kisah sukses kota Sawahlunto yang kini berhasil bangkit lewat pariwisata sejarah sebagai daerah dengan sejarah panjang pertambangan di tanah air.

"Kita saat ini juga sedang mendata peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut untuk diusulkan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat menjadi warisan sejarah dunia yang tentunya dapat menjadi daya tarik pariwisata," kata Nurfaisal.

Baca juga: Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Beriklan di Billboard

Sebelumnya, Wakil Walikota Sawahlunto, Zahirin Sayuti, yang didaulat memberikan sambutan sempat menceritakan bagaimana kota tersebut membenahi asset peninggalan sejarah menjadi daya tarik pariwisata.

"Dari kota yang pertumbuhan ekonominya minus, kini Sawahlunto bangkit dengan mengangkat pariwisata sejarah, yakni sejarah pertambangan batubara, sehingga mampu menarik datangnya wisatawan," jelas Zahirin.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Festival Bandaraya Melayu ketiga ini akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah di Riau serta pertunjukan dari daerah tetangga Sumatera Barat.

Selain itu juga ada bazar kuliner yang menyajikan berbagai makanan tradisional dan jajanan khas daerah yang dapat dinikmati para pengunjung. " Kita juga akan menggelar sejumlah talkshow menarik dan coaching clinic kesenian," jelas Eka Sari Kurnia dari Bigbuzz Organizer yang menjadi mitra Disbudpar dalam melaksanakan kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 7 Maret mendatang.***


Informasi Anda Genggam


Loading...