Kepalkan Tanganmu Selama 90 Detik, Maka Dapat Membantu Mengingat Hal Yang Terlupakan. Ini Penjelasannya

Rizka
Minggu, 07 Maret 2021 | 12:02 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Sebagian besar dari kita tentu pernah mengalami kesulitan mengingat suatu hal. Hal ini tampaknya sering dialami banyak individu, baik tua maupun muda.

Jika sudah begitu, tentu rasa kesal tak bisa kita hindari terlebih jika hal yang dilupakan tersebut sangat penting. Namun jangan khawatir, ada hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu mengingatnya.

Biasanya seseorang mengepalkan tangan saat merasa marah. Tak banyak yang mengetahui bahwa mengepalkan tangan ternyata memiliki manfaat bagi otak. Penelitian menemukan bahwa mengepalkan tangan bisa meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Cuma 4 Bahan Saja, Ini Cara Membuat Es Kelapa Untuk Takjil

Mengepalkan tangan kanan selama 90 detik membantu seseorang membangun ingatan. Sementara itu mengepalkan tangan sebelah kiri ternyata bisa membantu untuk mengingat atau menggali ingatan, ungkap psikolog di Amerika Serikat.

Dalam eksperimen terhadap 50 orang dewasa, mereka menemukan bahwa mereka lebih mudah mengingat kata-kata dan kalimat yang panjang ketika melakukan gerakan ini. Menurut peneliti, gerakan ini berkaitan dengan bagian otak tertentu yang berhubungan dengan ingatan.

Baca juga: Cara Membuat Myulchi Bokkeum, Tumis Teri ala Korea

Mengepalkan tangan kanan membuat otak lebih fokus untuk mempelajari informasi. Sementara mengepalkan tangan kiri akan mengaktifkan otak bagian kanan.

Hal ini juga telah dikaitkan dengan emosi. Misalkan mengepalkan tangan kanan berkaitan dengan rasa senang dan kemarahan, sementara mengepalkan tangan kiri berkaitan dengan kesedihan dan kecemasan.


Informasi Anda Genggam


Loading...