8 Maret Jadi Hari Perempuan Sedunia, Ini Sosok Dibalik Perayaan Momen Tersebut

Rizka
Senin, 08 Maret 2021 | 10:41 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Hari ini, 8 Maret 2021, ternyata merupakan Hari Perempuan Sedunia.

Dirayakan setiap tanggl 8 Maret, International Women’s Day ternyata sudah diawali sejak tahun 1908 silam.

Clara Zetkin menjadi sosok besar di seluruh dunia. Dia lah yang memberi dasar gagasan sebuah momen yang diperingati di seluruh dunia sebagai International Women's Day (Hari Perempuan Internasional).

Baca juga: Di Negara Ini Sangat Sulit Menemukan Kutang yang Nyaman Dipakai, Alasannya...

Diawali pada tahun 1908, saat itu sebanyak 15.000 wanita berunjuk rasa di New York City, Amerika Serikat.

Belasan ribu wanita tersebut berdemonstrasi menuntut beberapa hak, seperti pemotongan jam kerja, gaji yang sepadan, hingga hak perempuan untuk ikut pemilu.

Maka dari itu, Zetkin membentuk komite perempuan komunis di berbagai negara dan mempertemukan semuanya pada kongres untuk membahas isu perempuan pekerja dan kesejahteraan sosial bagi ibu-anak.

Zetkin kukuh menyuarakan isu-isu kesetaraan perempuan. Bagi Zetkin ada kebutuhan bagi perempuan untuk mengerti bentuk-bentuk penindasan yang terjadi di ruang privat dan publik.

Baca juga: Operasi Pengencang Payudaranya Gagal dan Infeksi, Wanita Ini Tuntut Dokter

Usulan Zetkin kemudian dikenang di seluruh dunia. Dalam Konferensi Perempuan Sosialis II di Kopenhagen, ditetapkan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional.

Tangga tersebut sekaligus untuk mengenang dan mengambil semangat gerakan protes buruh garmen di New York pada 1857 dan 1908.


Informasi Anda Genggam


Loading...