Robot Ini Mampu Melakukan Analisis Gen Lebih Cepat dan Murah Dalam Menyembuhkan Penyakit Alzheimer

Devi
Minggu, 14 Maret 2021 | 09:40 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes
Bea Cukai

RIAU24.COM -  Para ilmuwan dari GPU Nvidia serta Harvard telah membuat terobosan besar. Mereka telah menciptakan perangkat pembelajaran mendalam yang memangkas biaya dan waktu, yang biasanya diperlukan untuk menjalankan eksperimen sel tunggal yang langka.

Dilaporkan pertama kali di Nature Communications, toolkit yang dijuluki AtacWorks mampu menjalankan inferensi pada seluruh genom.

Jika Anda mengira ini bukan masalah besar, proses tersebut biasanya memakan waktu lebih dari dua hari untuk mendeteksi penyakit, tetapi dengan toolkit ini, hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Baca juga: Hotel Terbang Yang Bisa Berada Di Langit Selama Bertahun-Tahun Dengan 5.000 Tamu, Akan Segera Menjadi Kenyataan

Ada berbagai elemen yang bertanggung jawab atas kecepatan gila ini, tetapi yang utama adalah GPU Tensor Core Nvidia yang meningkatkan pemrosesan terkait AI. Selain itu, AtacWorks berfungsi bersama-sama dengan ATAC-seq - metode populer yang sebenarnya dibuat untuk mengetahui area terbuka dalam genom sel sehat dan yang sakit.

Area ini sebenarnya adalah bagian kecil dari DNA seseorang yang dapat berperan dalam menentukan dan mengaktifkan fungsi tertentu.

Bagian-bagian ini dapat berguna untuk memberikan indikasi awal kepada para ilmuwan jika seseorang menderita Alzheimer, penyakit jantung, atau kanker.

Biasanya, ATAC-sec membutuhkan analisis ribuan sel untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat, namun, AtacWorks dapat menawarkan hasil yang serupa hanya dengan sepuluh sel tersebut. Terlebih lagi, mereka menggunakan AtacWorks dengan kumpulan data sel induk yang menghasilkan sel darah merah dan putih.

Subtipe ini tidak dapat benar-benar dipelajari dengan bantuan metode konvensional, namun, dengan AtacWorks, mereka dapat mengidentifikasi bagian berbeda dari DNA yang masing-masing terkait dengan sel darah putih dan merah.

Baca juga: Deretan Samsung Galaxy Series Ini Ada Fitur NFC dan Sudah 5G

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana semua  AI ini akan membantu kehidupan kita lebih baik.

Nah, kemampuan gila ini menawarkan kemampuan untuk menganalisis genom lebih cepat dan dengan cara yang lebih terjangkau.

Ini bisa jadi sesuatu yang kita butuhkan untuk mengidentifikasi mutasi atau penanda biologis tertentu untuk mengarahkan kita ke sumber penyakit tertentu (penyakit seperti Alzheimer, Demensia, Parkinson, dll.), atau berbagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Selain itu, dengan Al ini kemudian membantu kita menentukan jenis obat, yang bisa mengalahkan penyakit sejak awal.

Peneliti NVIDIA dan penulis utama makalah, Avantika Lal menjelaskan, “Dengan jenis sel yang sangat langka, tidak mungkin mempelajari perbedaan dalam DNA mereka menggunakan metode yang ada. AtacWorks dapat membantu tidak hanya menurunkan biaya pengumpulan data aksesibilitas kromatin, tetapi juga membuka kemungkinan baru dalam penemuan dan diagnostik obat. ”


Informasi Anda Genggam


Loading...