Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, PT RAPP Fasilitasi Mitra Kerja dengan Penyuplai dan Jasa Finansial

Riki Ariyanto
Rabu, 17 Maret 2021 | 22:38 WIB
PT RAPP berhasil menjalin MoU bersama para perusahaan pemasok sebanyak 81 unit truk dan 28 unit alat berat (foto/ist) R24/riki PT RAPP berhasil menjalin MoU bersama para perusahaan pemasok sebanyak 81 unit truk dan 28 unit alat berat (foto/ist)

RIAU24.COM -  PANGKALAN KERINCI- Situasi pandemi COVID-19 masih menyisakan dampak ke berbagai sektor. Namun demikian, sektor manufaktur memiliki peran strategis dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah.

Seperti langkah inisiatif PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kepada mitra kerjanya. Perusahaan bagian dari Grup APRIL ini memfasilitasi para mitra kerjanya (kontraktor) dengan berbagai pemasok (supplier) dan perbankan atau jasa finansial. Hal ini ditujukan untuk mempermudah interaksi dan komunikasi bisnis antar mitra guna mendukung kelancaran operasional perusahaan.

“Ini pertama kali kami lakukan, mempertemukan kontraktor dengan penyedia alat berat transportasi dan finansialnya sehingga mereka mudah memperoleh peralatan memadai baik penambahan atau peremejaan, minimal sudah ada kesepakatan dulu, meski realisasinya nanti,” kata Operations Support Director PT RAPP, Mhd Ali Shabri, saat berbincang bersama 55 mitra kontraktor dan pemasok serta pihak perbankan dalam kegiatan bertajuk Fiber Supply Expo 2021, Rabu (17/3/2021), di Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci.

Baca juga: Gelar rapat Staff bersama Kepala OPD dan Camat, ini kata Bupati dan Wakil Bupati Siak

Ali menambahkan melalui inisiasi ini mitra kontraktor yang bergerak di bidang penyuplai bahan baku dapat memperoleh informasi perkembangan terbaru tentang peralatan yang bisa digunakan. Terlebih, perusahaan juga memfasilitasi perusahaan perbankan dan pembiayaan untuk mendukung permodalan.

“Kami satu-satunya perusahaan di dunia yang mengintegrasikan produksi fiber, pulp, kertas dan rayon. Komitmen, partisipasi, dukungan dan kerja keras kami semua akan membuat perusahaan semakin berkembang bersama mitra dan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Dana dan Jasa Bank Riaukepri, M A Suharto mengapresiasi inisiasi PT RAPP dalam memfasilitasi mitra-mitranya. Hal ini menjadi momentum perbaikan ekosistem guna mendorong efek multiplier terhadap perekonomian di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan.

Baca juga: Sekda Siak Minta TP2GD Siak Bahas Tuntas Mekanisme Pengusulan Gelar Tengku Buwang Asmara Menjadi Pahlawan Nasional

“Sebagai bank daerah, kami juga harus memberikan kontribusi dan berperan aktif untuk mendukung perputaran ekonomi, terutama di masa pandemi ini. Dampak positif dari pertemuan mitra PT RAPP ini tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk para pekerja dan masyarakat,” tuturnya.

Deputy Head of Business Development Unit BOT Finance, Hana Susanti mengatakan langkah PT RAPP membantu mitra kerjanya agar mudah memiliki peralatan terbaik dan terbaru sangat baik dan efektif.

“Ini menciptakan hubungan baik antara perusahaan yang bermitra dengan PT RAPP. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya satu kali saja, tetapi juga berkelanjutan ke depannya,” harapnya.

Salah satu mitra kerja kontraktor di Pangkalan Kerinci, PT Bina Terusan, Basril mengaku antusias dengan inisiatif PT RAPP selaku penyedia pekerjaan bagi usahanya.

“Tentunya kami terbantu, kami juga difasilitasi dengan perusahaan perbankan untuk pembiayaan. Ya, jadi mudahlah dalam melakukan transaksi ini,” ungkapnya.

Advisor Teknisi PT Hexindo Adiperkasa Cabang Pekanbaru, Fajar Hidayat mengaku antusias dalam memperkenalkan produknya kepada para kontraktor. Ia juga memuji kedisiplinan PT RAPP dalam menerapkan protokol kesehatan saat menggelar kegiatan.

“Jadi ini bisa menambah klien baru kami untuk bisa mengenal lebih dekat produk terbaru. Semoga para kontraktor RAPP bisa cepat dalam memperbarui produk mereka,” katanya.

Dari kegiatan yang bertajuk Fiber Supply Expo 2021 ini para mitra kontraktor di bagian pemanenan di area kerja PT RAPP berhasil menjalin MoU bersama para perusahaan pemasok sebanyak 81 unit truk dan 28 unit alat berat termasuk komponen shear head yang dirancang khusus untuk ekskavator. Sedangkan satu mitra kerja telah memperoleh pembiayaan dari mitra perbankan senilai lebih dari  Rp 2 miliar . Kegiatan yang digelar di Lapangan Merdeka Riau Kompleks tersebut dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat. (rls)


RAPP
Informasi Anda Genggam


Loading...