Bangkitkan Ekonomi Melalui Pelabuhan, Pemkab Akan Maksimalkan Operasional Sejumlah Pelabuhan

Dahari
Kamis, 18 Maret 2021 | 11:15 WIB
Wabup Bengkalis saat berkunjung ke kantor Kesyahbandaran R24/hari Wabup Bengkalis saat berkunjung ke kantor Kesyahbandaran

RIAU24.COM -BENGKALIS - Keinginan Pemerintah Bengkalis untuk membangkitkan ekonomi dari sektor perdagangan kepelabuhanan memang tidak main-main.

Hal itu dibuktikan dengan gencarnya Pemkab Bengkalis dengan membangun komunikasi bersama pihak terkait serta upaya untuk memaksimalkan operasional sejumlah pelabuhan yang ada.

Setelah Wabup Bengkalis berkunjung ke kantor Bea Cukai Bengkalis dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bengkalis, Wakil Bupati Bagus Santoso. Kedatangan wabup langsung disambut Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Bengkalis, Julharia serta sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Diengkol Engkol Tak Menyala Sepeda Motor Angkut Drum Minyak BBM Terbakar

Dalam pertemuan tersebut terungkap bahwa dibutuhkan waktu cepat untuk mengurus semua perizinan yang berkaitan dengan operasional yang ada di Bengkalis. 

"Potensi pelabuhan untuk meningkatkan pendapatan daerah kata Julharia sangat besar, hal itu dibuktikan dengan ramainya pengusaha yang meminta izin memasukkan kapal ke pelabuhan Bengkalis,"ungkap Julharia, Rabu 17 Maret 2021 kemarin.

Menurutnya, setiap bulan ada saja pengusaha perkapalan yang datang ke ke kantor kesyahbandaran, meminta izin masukkan kapal ke pelabuhan. 

Baca juga: Berikut Tanggapan Masuri SH Ketua KADIN Terkait Munculnya Kepengurusan KADIN Baru di Bengkalis

"Tapi dengan berbagai keterbatasan hal itu belum bisa dikabulkan,” ujar Julharia seraya menjelasan beberapa kendala terkait dengan operasional pelabuhan.   

Begitupun untuk pelabuhan penumpang seperti pelabuhan Bandar Sri  Setia Raja (BRSR) Selatbaru. Dari tahun ke tahun jumlah kunjungan (penumpang red,) dari luar negeri terus meningkat. Sayangnya, pelabuhan megah tersebut juga masih dililit persoalan izin operasional.

Terkait beberapa persoalan menyangkut izin operasional pelabuhan, kata Bagus Santoso hal itu sudah disampaikan dengan Bupati Bengkalis, Kasmarni. Bupati merespon cukup baik dan berharap operasional pelabuhan dimaksimalkan, terutama pelabuhan BUMD.

“Saya ini mewakili suara masyarakat, banyak yang menanyakan pelabuhan ada, megah pulak tu, tapi kok tidak difungsikan. Insyaallah, ini menjadi komitmen Pemkab Bengkalis untuk sesegera mungkin memaksimalkan operasional pelabuhan yang ada. Mari kita bangkitkan ekonomi dari perdagangan (pelabuhan,red),”ungkap Bagus Santoso.

“Nanti kita duduk bersama, ada Bea Cukai, Imigrasi, Syahbadar, PT Pelindo dan Pemlab Bengkalis untuk mensinergikan apa yang menjadi komitmen kita bersama. Insyaallah, jika kita bersama-sama semuanya akan menjadi lebih mudah,”ujarnya.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...