Luar Biasa, Ilmuwan China Membuat Laser Yang Dapat Menemukan Objek Tersembunyi Dari Jarak Hingga 1 Kilometer

Devi
Kamis, 18 Maret 2021 | 11:47 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Ilmuwan di China telah mengembangkan laser yang dapat melihat objek yang tersembunyi di balik layar lebih dari satu kilometer jauhnya. Teknik ini dijuluki NLOS atau non-line-of-sight imaging dan dapat membantu mobil self-driving menjadi lebih baik di masa depan.

Teknologi (diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences) dikembangkan oleh tim ilmuwan di Universitas Sains dan Teknologi Cina. Mereka memasang pemancar laser di kampus universitas mereka di Shanghai dan sekitar 1,43 kilometer jauhnya, mereka menyembunyikan manekin di balik layar.

Baca juga: China Berhasil Mendaratkan Pesawat Pertama di Mars

Para ilmuwan kemudian memancarkan laser ke dinding di dalam flat yang kemudian menyebar ke beberapa arah. Partikel cahaya akan terpantul pada manekin tersembunyi dengan beberapa bergerak ke sensor yang terletak di sebelah pemancar laser, hampir dua kilometer jauhnya.

Partikel cahaya atau foton yang berhasil mengenai manekin kemudian dipantulkan kembali ke dinding dan dipantulkan kembali untuk terakhir kalinya sebelum mengenai sensor. Menganalisis waktu yang dibutuhkan cahaya untuk memantul ke dinding sekali, para peneliti dapat mengetahui seberapa jauh setiap bagian manekin diposisikan dari dinding dalam gambar 3D yang agak aneh dengan bantuan algoritme.

Mereka mampu menemukan objek tersembunyi berdasarkan waktu tempuh foton karena kecepatan cahaya tetap. Ini juga mampu menentukan objek berbeda yang ditempatkan dengan jarak sekitar 9,4 sentimeter.

Untuk mengatasi masalah yang biasanya ditemui karena jarak, para ilmuwan membuat pemancar laser dan sensor untuk menggunakan teleskop berbeda yang membatasi gangguan sinyal di antara keduanya. Selain itu, sensor dilengkapi dengan beberapa lensa untuk mencegah cahaya yang menyimpang memengaruhi partikel sinar laser saat kembali dari permukaan datar.

Baca juga: Kisah Para Wanita Iran yang Hampir Hancur Karena Crypto

Para peneliti dalam studi tersebut mengungkapkan bahwa prestasi ini tiga kali lebih lama dari yang sebelumnya dapat dicapai, “Kisaran ini sekitar tiga kali lipat lebih lama dari percobaan sebelumnya. Hasilnya akan membuka jalan bagi pengembangan teknik pencitraan NLOS dan aplikasi yang relevan dengan kondisi dunia nyata. ”

Peneliti menyatakan bahwa teknologi ini dapat membantu mobil yang mengemudi sendiri untuk mendeteksi dengan lebih baik mobil lain, pejalan kaki yang berada di belakang gedung. Selain itu, penegakan hukum juga dapat membantu untuk mendeteksi sandera di daerah yang tidak dapat diprediksi agar lebih siap.


Teknologi Laser
Informasi Anda Genggam


Loading...