Dekat Dengan Indonesia, Nama Ibukotanya Panjang dan Masuk Guinnes World

M. Iqbal
Rabu, 24 Maret 2021 | 14:19 WIB
Kota Bangkok, Thailand. (Foto: Travelioz) R24/ibl Kota Bangkok, Thailand. (Foto: Travelioz)

RIAU24.COM Thailand merupakan salah satu negara tetangga Indonesia. Ibu kota Thailand seperti yang selama ini dikenal adalah Bangkok. Tapi tahukah kamu jika nama asli ibu kota negara tersebut sungguh berbeda dan panjang, sampai masuk Guinness World.

Dilansir dari Detik.com, nama asli Ibu kota Thailand adalah Krungthep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Ya, Krungthep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Phiman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit adalah nama asli yang diberikan kepada Bangkok. Karena cukup sulit diingat, akhirnya disebut dengan nama Bangkok.

Baca juga: Kakak Beradik Ini Menemukan Tubuh Orang Asing di Dalam Peti Mati Ibu Mereka Karena Kekacauan Rumah Pemakaman

Nama tersebut bukan sekedar nama. Karena nama asli Bangkok sejatinya memiliki arti yang sangat indah.

Arti nama itu adalah Kota Malaikat, Kota Besar Dewa, Kota yang Menakjubkan dari Sembilan Permata, Kursi Raja, Kota Istana Kerajaan, Rumah Inkarnasi Dewa, Dibangun oleh Visvakarman di Behest Indra.

Nama tersebut sendiri terdiri dari 167 karakter. Tak sia-sia, akhirnya Bangkok mendapat anugerah dari Guinness World sebagai nama ibukota terpanjang sedunia.

Baca juga: Lakukan Percobaan Bunuh Diri hingga Diamputasi, Pria Ini Ceritakan Kisah Harunya Saat masih Remaja

Selain punya nama ibukota dalam sendiri, Thailand sendiri punya asli yaitu Prathet Thai. Prathet Thai memiliki arti Tanah Bebas.

Ini merujuk pada masa lalu Thailand yang tak pernah dijajah oleh negara Eropa. Tapi sebelum itu, selama berada-abad lamanya, Thailand telah dikenal lewat kota-kota besar yang mendominasi.

Sebut saja Sukhothai, Ayutthaya dan Thonburi. Negara ini juga berulang kali mengganti nama antara Siam dan Thailand. Siam adalah bahasa Sanskerta yang berarti gelap atau coklat.


Informasi Anda Genggam


Loading...