Kapal Raksasa yang Memblokir Terusan Suez Menghabiskan Biaya Perekonomian Dunia Hingga USD 400 Juta Per Jam

Devi
Sabtu, 27 Maret 2021 | 10:51 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Kapal kontainer Ever Given terjebak secara horizontal, dan menghambat kanal penting yang menghubungkan Asia dan Eropa, sehingga tidak menyisakan ruang bagi kapal mana pun untuk melewatinya. Rute perdagangan  Terusan Suez yang menghubungkan Eropa ke Asia, diblokir oleh kapal kontainer Ever Given, yang tidak menunjukkan tanda-tanda bergerak dan sekarang para ahli memperkirakan bahwa halangan ini menyebabkan kerugian USD 400 juta per jam karena keterlambatan pengiriman barang.

Menurut Lloyd's List - jurnal berita perkapalan yang berbasis di London mengklaim bahwa rata-rata perkiraan nilai barang yang melewati terusan suez adalah sekitar USD 9,7 miliar - dari USD 5,1 miliar ini milik barang yang bepergian ke barat dan USD 4,6 miliar milik barang yang bepergian ke timur.

Baca juga: Hongaria: PM Larang LGBTQ dan Transgender, Rakyat Ngamuk

Lalu lintas di Terusan Suez
Setiap hari, lebih dari 50 kapal melewati kanal ini. Sejak tiga hari blok ini ditempatkan, hampir 165 kapal belum melewatinya, dan dari kelihatannya, Ever Given tidak akan kemana-mana untuk saat ini, dan bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk mengeluarkan kapal raksasa tersebut.

Pemblokiran ini terjadi pada saat negara-negara di seluruh dunia sudah mengalami rantai pasokan yang sangat tegang, karena pandemi virus korona baru yang mendatangkan malapetaka pada tahun 2020.

Pemblokiran yang terjadi saat ini telah memaksa beberapa pelaut untuk menempuh rute yang lebih lama dan agak berbahaya dari ujung selatan Afrika, yang juga lebih mahal.

Baca juga: Pria dengan Istri dan Anak Terbanyak di Dunia Meninggal di India

Operasi pengerukan Terusan Suez
Saat ini, pihak berwenang sedang menyelesaikan operasi pengerukan untuk menghilangkan hingga 20.000 meter kubik pasir.

Kapal keruk berada dalam jarak 15 meter dari haluan kapal dan 10 meter sedekat mungkin dengan yang mereka bisa dengan aman. Operasi pengerukan sekitar 87 persen selesai pada saat artikel ini ditulis.

Faktanya, karena blok Terusan Suez dari kapal kontainer Ever Given, kapal-kapal yang tertinggal di kanal memilih untuk mengelilingi seluruh benua Afrika, sebuah perjalanan sejauh beberapa ribu kilometer.


Informasi Anda Genggam


Loading...