Jalan Rusak Parah Banjir Menghadang Masyarakat Pucuk Rantau, Akibat Jalan Provinsi Rusak Parah

Replizar
Sabtu, 27 Maret 2021 | 19:25 WIB
Jalan Rusak Parah Banjir Menghadang Masyarakat Pucuk Rantau, Akibat Jalan Provinsi Rusak Parah (foto/zar) R24/zar Jalan Rusak Parah Banjir Menghadang Masyarakat Pucuk Rantau, Akibat Jalan Provinsi Rusak Parah (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Kecamatan Pucuk Rantau yang berada di Ujung Timur Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat, ternyata masih belum menikmati hasil-hasil pembangunan terutama di Bidang Infrastruktur Jalan.

Dimana sejak berdiri Kecamatan Pucuk Rantau sekitar 9 Tahun lalu (Berdiri Tahun 2012), kondisi jalan yang berstatus Jalan Provinsi ini rupanya masih jalan tanah, dan hanya sebagian kecil saja yang telah tersentuh aspal, dan sekitar 23 Kilometer lagi masih jalan tanah.

Jalan tersebut berada dari Desa Pangkalan ke Simpang Empat Desa Kampung Baru Ibul sampai ke Desa Perhentian Sungkai. " Yang paling parah rusak jalan Provinsi berada di Sungai Lengkuas (Sepanjang 200 meter), di Desa Kampung Baru Ibul," Ungkap Camat Pucuk Rantau Harjunaidi, S. Sos ketika dihubungi Riau24.Com, Kamis (25/3).

Baca juga: Terima DAK Rp1 Milyar, Ini yang Akan Dipergunakan DPKPP Kuansing

Dijelaskannya, Kondisi jalan di sekitar Sungai Lengkuas Desa Kampung Baru Ibul ini sangat parah, disaat hujan lebat maka akan terjadi Banjir Bandang dengan kedalaman air mencapai satu meter. "Kondisi jalan provinsi seperti ini, tentu saja sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat Pucuk Rantau, karena para pengguna jalan baik anak sekolah, Guru, Pegawai Kecamatan maupun pekerja dan masyarakat, akan merasa kesulitan untuk melewati jalan tersebut," ujarnya.

 

Bahkan kadang kala, para pengguna jalan sering membuat jalan di areal Perkebunan Plasma PT. TBS. Namun jalan yang biasa dilalui oleh warga, saat ini juga dalam keadaan rusak parah dan menambah kesulitan untuk melewati jalan tersebut.

Baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Bupati Kuansing Kumpulkan Seluruh Kepala Puskesmas

Oleh karena itu, Katanya, diharapkan kepada pihak Pemprov melalui Dinas PUPR Provinsi Riau, untuk segera memperbaiki dan melakukan penimbunan jalan yang rusak parah tersebut. " Masalah jalan Provinsi yang rusak parah di Pucuk Rantau, sudah kita sampaikan kepada Bupati Kuansing Drs H Mursini saat membuka Musrenbang Kecamatan Pucuk Rantau beberapa waktu lalu.

Bahkan tadi saat Musrenbang Kabupaten bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Kamis (25/3), juga telah disampaikan. Yang dihadiri langsung oleh Bupati Kuansing H. Mursini, Wakil Ketua I DPRD Zulhendri Nazaruddin, Sekdakab H. Dianto Mampanini, Pabung, Asisten, Staff Ahli, Kaban, Kadis,  Bappeda Litbang Provinsi, dan Camat.

"Bahkan juga, kita sudah masukkan dalam Sistem Aplikasi informasi, di Bappeda Litbang Kuansing," tambahnya.

Bahkan persoalan banjir ini, juga sudah koordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kuansing, untuk dilakukan perbaikan jalan Provinsi yang terkena banjir. " Tentu saja kita sangat berharap sekali, agar jalan yang rusak parah tersebut,  segera dilakukan perbaikan (Ditimbun jalan yang rusak), agar aktivitas masyarakat bisa berjalan lancar seperti sediakala," harapnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...