Ketua DPRD Pekanbaru minta Pemko Fokus Selsaikan Masalah Banjir

Satria Utama
Selasa, 30 Maret 2021 | 05:46 WIB
Ketua DPRD Pekanbaru minta Pemko Fokus Selsaikan Masalah Banjir R24/saut Ketua DPRD Pekanbaru minta Pemko Fokus Selsaikan Masalah Banjir

RIAU24.COM -  Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani saat ekspose Musrenbang RKPD Pekanbaru Tahun Anggaran 2022 meminta Pemerintah Kota (pemko) Pekanbaru, segera memfokuskan penanganan masalah banjir khususnya pada titik-titik langganan banjir yang semakin parah.

Menurut Hamdani, ada beberapa titik banjir yang sudah sangat mengkhawatirkan, yang hingga kini belum juga ada penanganan.

Baca juga: Jelang Lebaran 2021, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Naik Dijual Rp40 Ribu Per Kilogram

"Kami dalam hal ini mengharapkan sekali masalah banjir di Jl. Soebrantas, Jl. Arifin Ahmad, dan daerah langanan banjir lainnya seperti disepanjang aliran sungai sail segera terselsaikan," kata Hamdani, di hadapan Wakil Walikota Pekanbaru, dan kepala Bappeda Pekanbaru saat Musrenbang RKPD Pekanbaru Tahun Anggaran 2022, Senin (29/3/2021).

Menurut Hamdani, penanganan banjir harus dilakukan dengan fokus karena itu PR bersama yang dari dulu tak kunjung selesai.

"Tidak ada alasan lagi, harusnya titik banjir diPekanbaru ini setiap tahunnya berkurang. Kita harus tentukan targetnya setiap tahun harus ada yang tuntas di titik yang jadi langanan banjir," ungkapnya.

Seperti dikwtahui, sebanyak lima titik di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dilanda banjir akibat hujan deras melanda Kota Pekanbaru dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir. Banjir terjadi akibat pendangkalan sungai yang berada di sekitar perumahan warga.

Baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, Harga Daging Sapi dan Ayam di Pekanbaru Naik

Kelima titik itu ialah Tangor, Sungai Batak, Cengkeh, Attaya, di Bukit Raya dan satu titik di Tenayan Raya. "Hari ini kami tinjau lima titik banjir, kalau kemaren ada satu titik di Jalan Cengkeh, sekarang bertambah menjadi lima titik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Chandra saat meninjau kelima lokasi banjir tersebut di Pekanbaru, Senin (29/3).

Dia mengatakan penyebab banjir lebih karena lokasi banjir berada di pinggiran Sungai Sail banyak terdapat permukiman warga. Banjir disebabkan terjadinya pendangkalan Sungai Sail.Ketika hujan, katanya, air yang berada di sungai meluap akibat sungai yang dangkal ditutupi tanah, material lainnya dan sedimentasi. Hal itu mengakibatkan sungai sulit mengalirkan air dengan baik malah meluap.***


Informasi Anda Genggam


Loading...