Gelar Aksi Damai, Massa Minta GM PT Mentari Subowo Yang Catut Nama Polda Ditangkap

Satria Utama
Rabu, 31 Maret 2021 | 18:05 WIB
Aksi damai warga meminta pencatut nama Polda Riau ditangkap R24/saut Aksi damai warga meminta pencatut nama Polda Riau ditangkap

RIAU24.COM -  Sekelompok warga yang menamakan dirinya Aliansi Pecinta Polri menggelar aksi damai di depan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) indragiri Hulu, Rabu (31/3/2021).  

Warga yang datang membawa poster yang bertuliskan "Tangkap Pencatut Nama Polda",  "Tangkap GM PT Mentari Subowo" dan "Usir PT Mentari dari tanah melayu". 

Baca juga: Target Vaksinasi di Inhu Riau Sebanyak 336.209 Orang

Menurut koordinator aksi, Indra Putra, apa yang dilakukan Subowo merupakan tindakan yang telah mendiskreditkan nama baik dan wibawa institusi Polda Riau sebagai lembaga penegak hukum serta marwah Kapolda Riau sebagai pemimpin di institusi tersebut. 

"Untuk itu kami sebagai masyarakat yang mencintai institusi kepolisian mendesak agar pihak Polres Inhu mengusut dan menangkap Subowo karena telah mencatut dan memfitnah Polda Riau," kata Indra Putra dan Samsir di hadapan polisi yang berjaga. 

Meski yang bersangkutan sudah membuat video pengakuan bersalah dengan alasan dalam kondisi tertekan, menurut Indra bukan berarti kasusnya tidak diteruskan. "Pihak kepolisian harus bertindak tegas agar kasus serupa tidak terulang kembali. Kita tidak ingin nantinya ada lagi yang mencatut nama kepolisian untuk menakut-nakuti atau mengintimidasi masyarakat," ujarnya.

Kasatbinmas Polres Inhu yang menerima warga langsung memerintahkan personil piket penjagaan untuk menghadirkan Kasatreskrim untuk menjelaskan perkara Subowo yang menakuti masyarakat dengan mencatut nama Polda.

Baca juga: Keterisian BOR RSUD Indra Sari Rengat Sudah Mencapai 87 Persen

Dua orang personil Satreskrim Polres Inhu terlihat hadir di hadapan masyarakat menjelaskan kalau Kasatreskrim Polres Inhu sedang ada kegiatan dinas diluar kantor. 

"Kami di Satreskrim sudah mengambil keterangan pihak pihak sebagai saksi terkait pencatutan nama Polda oleh GM PT Mentari Subowo," kata Aipda Isjunaidi yang mengaku sebagai penyidik Satreskrim Polres Inhu. 

Kata Aiptu Junaidi, selain saksi dari masyarakat yang diambil keteranganya, GM PT Mentari Subowo juga sudah di periksa di Satreskrim Polres Inhu. "Kami juga sudah memeriksa Subowo yang bekerja di PT Mentari," katanya. 

Seperti diketahui, masyarakat Sungai Raya, Kabupaten Indragiri hulu resah dengan aksi General menejer (GM) perusahaan perkebunan PT Mentari Subowo. Dia dinilai menakut nakuti masyarakat dengan mencatut nama Kapolda dan Polda ketika masuk ke areal perkebunan masyarakat di Desa Sungai Raya  Senin (15/3/2021) lalu. 

Warga semakin kesal dengan Subowo, karena bukannya menyesal dengan perbuatannya, ia kembali mengulangi upayanya menduduki lahan warga. Kali ini ia malah mengerahkan 'bodyguard' dari kawasan Indonesia Timur untuk menakut-nakuti warga.****


Informasi Anda Genggam


Loading...