Jelang Tengah Malam, Tim Gabungan Aparat Penegak Hukum Razia Kamar WBP di Lapas Bagansiapiapi

M. Iqbal
Rabu, 07 April 2021 | 09:17 WIB
Lapas Bagansiapiapi, Rokan Hilir bersama Koramil dan Polsek Bangko menggelar razia gabungan ke dalam blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). (Foto: Istimewa) R24/ibl Lapas Bagansiapiapi, Rokan Hilir bersama Koramil dan Polsek Bangko menggelar razia gabungan ke dalam blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). (Foto: Istimewa)

RIAU24.COM - Lapas Bagansiapiapi, Rokan Hilir bersama Koramil dan Polsek Bangko menggelar razia gabungan ke dalam blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lapas Bagansiapiapi, Selasa malam, 6 April 2021. 

Razia yang digelar secara serentak se-Indonesia ini dilaksanakan berdasarkan perintah Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM RI dalam memberantas narkoba serta segala barang yang dilarang di dalam Lapas. 

Kegiatan dimulai dengan apel bersama di muka kantor Lapas Bagansiapiapi. Kepala Lapas Bagansiapiapi, Wachid Wibowo berpesan agar pelaksanaan razia dilakukan dengan pendekatan humanis.

Baca juga: Pidsus Kejari Rohil Terima Penitipan Uang Tersangka Dugaan Korupsi Proyek Pelabuhan Bagansiapiapi

"Karena meskipun mereka kini tengah menjalani pembinaan, kita masih tetap harus memperlakukan mereka secara baik dan humanis," kata Wachid pada saat pimpin apel. 

Tim razia gabungan ini kemudian dibagi dalam 4 regu untuk melaksanakan penggeledahan kamar WBP secara terpisah. Dipilih secara acak, ada 3 kamar yang disasar tim razia ini untuk disisir di semua titik. 

Baik petugas kepolisian dan TNI turut melakukan penggeledahan bersama petugas Lapas Bagansiapiapi. Satu persatu sudut, lipatan hingga tumpukan barang dibongkar dan diperiksa oleh tim gabungan secara hati-hati agar tidak melewatkan satupun barang untuk dilaporkan.

Baca juga: Masyarakat Menggala Sakti Berkecamuk, Oknum Pengurus Kelompok Tani Jual 700 Hektar Lahan Tanpa Sepengetahuan Anggota, 1 Warga Ditahan Polisi

"Hasilnya, tidak ada satupun barang terlarang dan berbahaya yang ditemukan dalam razia kali ini. Hanya sendok logam, gunting maupun cermin. Tidak ada handphone, narkoba atau senjata tajam ditemukan," ujar Kalapas Wachid dalam konferensi pers yang dilaksanakan usai razia. 

Terakhir, ia menyampaikan apresiasi kepada Koramil dan Polsek Bangko yang telah turut ambil bagian dalam kegiatan kali ini. Ia berharap, hubungan sinergitas tersebut mampu terbangun baik terus-menerus antara sesama aparat penegak hukum.


Informasi Anda Genggam


Loading...