Ternyata Ini Alasan Kenapa Nama PO Bus di Sumatera Sering Pakai Singkatan

M. Iqbal
Rabu, 07 April 2021 | 09:32 WIB
PO Bus Siliwangi Antar Nusa (SAN) R24/ibl PO Bus Siliwangi Antar Nusa (SAN)

RIAU24.COM - Di Indonesia terdapat perusahaan otobus (PO) yang tentunya sudah memiliki nama dan cukup dikenal masyarakat. Ada berbagai macam nama PO di Indonesia, mulai dari yang filosofis sampai menggunakan nama seseorang.

Dilansir dari Kompas.com, jika diperhatikan, PO bus di berbagai daerah memiliki ciri yang berbeda, salah satunya soal pemilihan nama. Contohnya di Sumatera, jika melihat PO bus di Sumatera, kebanyakan berupa singkatan ataupun akronim, diantaranya PO SAN, ALS, ANS, NPM, PMTOH, dan masih banyak lagi.

Kenapa di Sumatera kebanyakan disingkat? Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan menjelaskan, nama PO bus di Sumatera yang kerap menggunakan singkatan atau akronim karena nama perusahaannya yang panjang.

Baca juga: Dinilai Oleh 93 Wartawan Dunia, Inilah Mobil Terbaik Dunia Tahun 2021

"Yang pasti karena namanya panjang, makanya disingkat. Selain itu, juga jadi mudah disebut," kata dia.

PO SAN sendiri merupakan singkatan dari Siliwangi Antar Nusa. Kemudian, untuk kepanjangan dari nama-nama PO bus lainnya, Asrul Arifin Siregar, Anggota Forum Bismania Indonesia akan menjabarkannya.

"Ada PMH, singkatan dari Persatuan Motor Horas. Kemudian di Aceh ada ATS (Aceh Transport Sanutra) dan PMTOH (Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan)," jelas Asrul.

Baca juga: Dibeli Seharga Rp1,98 Miliar, Mobil Mitsubishi Ini Jadi Yang Termahal di Dunia

Kemudian, ada ALS dari Sumatera Utara yang kepanjangannya yaitu Antar Lintas Sumatera. Ada juga ANS (Anas Nasional Sejahtera), NPM (Naikilah Perusahaan Minang), dan MPM (Mutia Putri Mulia).

Tapi, tidak semua PO bus yang ada di Sumatera memakai singkatan untuk menamai perusahaannya. Misalnya Sempati Star dan Putra Pelangi di Aceh, lalu ada Bintang Utara Putra dan lain sebagainya.


Informasi Anda Genggam


Loading...