5 Bahasa Cinta: Mengenal Arti Love Language dan Cara Mengetahuinya

Rizka
Sabtu, 10 April 2021 | 23:51 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Apa sih love language itu? Simpelnya, love language adalah bahasa cinta, dan istilah ini kembali ngehits sejak buku The Five Love Language oleh Dr. Gary Chapman dirilis sekitar 10 tahun lalu.

Love Language adalah gaya cinta yang digunakan seseorang untuk mendefinisikan bagaimana rasanya dicintai. Dr. Chapman yang merupakan ahli konseling pasangan membuat 5 kategori love language yang menjadi bahasa cinta yang bisa dipahami oleh setiap individu. Mengetahui tipe-tipe bahasa cinta pasangan penting, supaya kalian bisa mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin didengarkan oleh pasangan Anda.

Yuk cek dulu mana satu bahasa cinta versi pasangan kalian :

1. Words of Affirmation (Cinta Dengan Ungkapan Kata-Kata)

Baca juga: Sebuah Studi Menyarankan, Sahabat Adalah Pasangan yang Paling Baik Dijadikan Pasangan Hidup, Ini Alasannya...

Menurut Chapman, seseorang yang menggunakan bahasa cinta lewat ungkapan kata-kata paling senang mendengar ekspresi verbal seperti “ Saya sayang kamu” atau “ I love you”. Ini akan menjadi dasar keyakinan bahwa mereka dicintai. Lebih baik lagi jika ungkapan ini dibuat dalam bentuk lisan atau tulisan lengkap dengan alasan jelas.

Kata-kata yang tulis seperti “ Terimakasih sayang”, atau “ Makasih perhatiannya” adalah contoh lain yang bisa menjadi gaya bahasa cinta yang diapresiasi oleh mereka yang tipe Words of Affirmation.

2. Quality Time

Bagi Anda yang seneng menikmati waktu bersama orang tercinta, bisa dibilang Anda memiliki love language satu ini. Bahasa cinta satu ini fokus pada kualitas waktu yang dihabiskan bersama pasangan, seperti menghabiskan waktu tanpa gadget saat pergi bersama misalnya. Dengan begitu, rasa cinta Anda dapat terpenuhi karena dapat menghabiskan waktu bersama dengan orang tercinta.

Komunikasi merupakan hal yang krusial bagi Anda yang punya bahasa cinta quality time. Saat bersama pasangan, Anda bisa berbagi hal yang Anda dan pasangan alami di hari tersebut. Mulai dari cerita, bercanda bersama, sampai ngomongin hal yang serius. Harapannya, komunikasi tersebut dapat menjaga hubungan antara Anda dengan pasangan.

3. Receiving Gifts (Pemberian Hadiah)

Yang satu ini bukan soal benda atau harganya, tetapi lebih kepada perhatian dan makna di balik pemberian kado. Bagi seseorang yang menyukai pemberian kado dari pasangan, ini karena hadiah ini menunjukkan perhatian dan usaha dari si pemberi.

Jadi jika pasangan kalian paling senang saat diberi hadiah tak terduga, coba gunakan tips ini untuk mengungkapkan kata cinta. Dia pasti senang karena anda sudah bersusah payah memikirkan apa yang bisa membuatnya tersenyum bahagia.

4. Acts of Service (Siap Melayani)

Contoh terbaik untuk bahasa cinta ini adalah seorang istri yang akan merasa dicintai karena suami turut membantu membereskan rumah, membantu mengasuh anak dan sejenisnya. Saat pasangan melakukan sesuatu hal untuk meringankan beban dan tanggungjawab, maka ini diartikan sebagai cara sayang terbaik bagi mereka yang menggunakan bahasa Acts of Service.

Kalau Anda punya pasangan yang paling doyan dengan hal-hal simpel seperti dibuatkan sarapan atau dibantu membereskan pekerjaan, coba curahkan lagi perhatian dengan membantu membuat hidupnya semakin nyaman.

5. Physical Touch

Baca juga: Tahukah Anda, Kisah Hidup 6 Orang Ini Ternyata Mempengaruhi Kehidupan Lebih Dari Yang Kita Sadari

Bahasa cinta satu ini bukan berarti Anda dengan pasangan melakukan hal berbau negatif. Melainkan sebagai bentuk afeksi dari pasangan kepada diri Anda.

Seperti misalnya: berdekatan dengan dirinya, menggenggam tangannya, sampai memeluk dirinya secara tulus. Alhasil, Anda akan merasa dicintai sepenuh hati oleh dirinya.

Nah, kira-kira begitu lima jenis love language yang ada. Tentunya setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda-beda. Maka dari itu penting buat Anda mengetahui apa sebenarnya love language diri Anda dan pasangan. Guna memberikan rasa nyaman serta kepuasan dalam hubungan Anda berdua.


Informasi Anda Genggam


Loading...