NASA Berbagi Foto Awan Mars yang Diambil Oleh Curiosity Rover, Netizen : Mirip Awan di Bumi

Amerita
Senin, 12 April 2021 | 10:16 WIB
Foto : Indiatimes R24/ame Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Pesawat penjelajah Perseverance NASA yang baru-baru ini mendarat di Mars telah menjadi berita utama, tetapi penjelajah Curiosity ternyata masih 'bersenang-senang' di Planet Merah.

Penjelajah Curiosity Mars milik NASA diketahui menggunakan dua kamera untuk membuat selfie ini di depan Mont Mercou, batu Mars yang indah, yang dijuluki "Mont Mercou", diambil dari nama sebuah gunung di Prancis.

Berdiri setinggi sekitar 20 kaki (6 meter), formasi batuan yang menarik ditangkap dengan segala kemegahannya dalam selfie baru dan sepasang panorama yang menawarkan tampilan 3D.

Baca juga: Akui Jika Vaksin Sinovac dan Sinopharm Kurang Efektif Dalam Mencegah COVID-19, China Akan Kembangkan Booster Shots Terbaru



Penjelajah Curiosity Mars menggunakan bornya untuk menangkap sampel batuan di dekat formasi, yang oleh para ilmuwan dijuluki 'Nontron' - sampel ke-30 misi tersebut hingga saat ini. Penjelajah Curiosity Mars NASA menggunakan Mastcam-nya untuk mengambil 32 gambar individu guna menciptakan panorama singkapan yang dijuluki Mont Mercou

Para peneliti sangat tertarik pada wilayah ini karena mewakili transisi batuan dari daerah kaya tanah liat ke daerah kaya sulfat, yang mungkin menawarkan petunjuk tentang apa yang menyebabkan Mars bergeser dari planet yang berpotensi dapat dihuni miliaran tahun yang lalu menjadi gurun beku yang kita lihat hari ini.

Awan mirip bumi muncul di Mars
Penjelajah Curiosity juga melihat ke atas untuk menangkap gambar awan di Mars, diambil menggunakan kamera navigasi kanannya. Ini terlihat menakjubkan dan sangat mirip dengan awan yang terlihat di Bumi. Dan itu membuat pengguna Twitter heboh.

"Awan terdiri dari es air yang terkondensasi pada partikel debu kemerahan yang tersuspensi di atmosfer. Awan di Mars terkadang terlokalisasi dan terkadang dapat menutupi seluruh wilayah, tetapi belum diamati menutupi seluruh planet." - Samirah ???? (@ ShaZoo00oo).

Dan kemudian penjelajah NASA Mars Curiosity mengambilnya sendiri untuk menjawab orang-orang yang 'penasaran' yang sepertinya hanya memiliki satu pertanyaan - dan ya, itu tentang air di atmosfer Mars.


Atmosfer Mars memiliki awan es air hampir sepanjang tahun. Awan di wilayah ekuator antara sekitar 6 hingga 19 mil (10 hingga 30 kilometer) di atas permukaan Mars menyerap cahaya inframerah yang dipancarkan dari permukaan pada siang hari.  

Para peneliti menganggap Mars sebagai dunia yang dingin dan kering dengan sedikit air, tetapi sebenarnya terdapat lebih banyak uap air di atmosfer Mars daripada di lapisan atas atmosfer Bumi. Atmosfer Mars memiliki awan es air hampir sepanjang tahun.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Virus Tak Dikenal Berusia 15.000 Tahun yang Terjebak di Gletser Tibet



Minggu lalu, Dr. Paul Byrne dari North Carolina State University membagikan gif yang menakjubkan dari awan mirip Bumi di Mars, yang merupakan kumpulan delapan gambar yang diambil oleh kamera navigasi Curiosity, dalam jangka waktu sekitar lima menit.

Curiosity adalah satu-satunya penjelajah aktif di Mars sampai Perseverance menyentuh permukaan awal tahun ini pada 18 Februari. Keduanya terletak sekitar 2.300 mil di Mars dan menjelajahi daerah yang sangat berbeda. Perseverance akan mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba di dasar danau yang kering dan delta sungai Kawah Jezero sementara Curiosity terus mendaki Gunung Sharp setinggi 3 mil, yang terletak di pusat Kawah Gale, sejak 2014.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...