Hadirkan Rumah Singgah di Pekanbaru, Rumah Zakat Riau Harapkan Bantu Pasien dari Luar Kota

M. Iqbal
Senin, 12 April 2021 | 13:28 WIB
Sejak 1 April 2021 lalu, Rumah Zakat (RZ) Ria telah menghadirkan Rumah Singgah pasien di Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Nenas No. 11 Sukajadi Pekanbaru. (Foto: Istimewa) R24/ibl Sejak 1 April 2021 lalu, Rumah Zakat (RZ) Ria telah menghadirkan Rumah Singgah pasien di Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Nenas No. 11 Sukajadi Pekanbaru. (Foto: Istimewa)

RIAU24.COM - Sejak 1 April 2021 lalu, Rumah Zakat (RZ) Ria telah menghadirkan Rumah Singgah pasien di Pekanbaru. Rumah Singgah ini berlokasi di Jalan Nenas No. 11 Sukajadi Pekanbaru.

Salah satu pengguna Rumah Singgah berasal dari Kota Dumai, Nurmi merasakan manfaat dari Rumah Singgah tersebut. Dia di rujuk ke RSUD untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Proses pendaftaran di tanggal 6 April, proses pemeriksaan laboratorium  hingga beliau dapat dirawat di Tanggal 10 April. Masa 5 hari beliau dan keluarga menginap di rumah singgah rumah zakat.

Salah satu anak beliau, Robi menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Rumah Zakat dan para donatur. Karena hadirnya rumah singgah sangat membantu bagi keluarganya yang dirujuk dari Luar daerah Pekanbaru. 

Baca juga: Harga Sawit di Riau Naik Rp 46,62/Kg, Berikut Ini Penyebabnya

Saat ini Rumah Singgah tercatat telah memberikan Layanan manfaat kepada 3 keluarga selama satu pekan pertama. Salah satunya Nurmi, dua yang lain pasien anak berasal dari Air Molek dan Tembilahan. Mereka mengakses rumah singgah satu hingga tiga hari. 

Untuk mengakses rumah singgah cukup mudah. Pasien atau keluarga cukup menghubungi call center rumah singgah di +62853-7637-6277. Serta menyiapkan dokumen administrasi, yakni Foto KK, KTP, dan surat medis (rujukan) pasien. Swab antigen diberikan gratis kepada dua orang per KK yang Menggunakan Layanan Rumah Singgah Rumah Zakat. 

Saat ini rumah singgah baru memiliki 3 unit tempat tidur. Sehingga masih sangat terbatas kemampuannya dalam memberikan manfaat. Beberapa pasien terpaksa ditolak karena 3 bed terisi dalam pekan kemarin. 

Baca juga: Jelang Lebaran, Harga Sawit di Riau Naik ke Rp 2.563,75/Kg

Selain fasilitas menginap, rumah singgah juga dilengkapi 2 unit ambulance sebagai fasilitas transport ke Rumah Sakit.

"Kami berharap hadirnya rumah singgah bisa membantu pasien dan keluarga dari luar kota", ungkap Hadi Yudasta. selaku Branch Area Manager Rumah Zakat Riau.

"Sangat diharapkan ada lebih banyak kepedulian para Muzakki/Donatur sehingga keberadaan rumah singgah dapat terselenggara lebih baik kedepannya," tutup Hadi. (rls)


Rumah Zakat
Informasi Anda Genggam


Loading...