5 Tips Agar Tetap Energik Selama Ramadan

M. Iqbal
Senin, 12 April 2021 | 14:15 WIB
Foto : Mstar R24/ibl Foto : Mstar

RIAU24.COM -  MULAI 13 April 2021 umat Islam akan merayakan bulan Ramadhan yang memiliki berbagai berkah dan kesempatan untuk mendapatkan pahala. Puasa sebenarnya juga memberikan manfaat bagi kesehatan jika kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi pada saat sahur dan berbuka puasa.

Berikut beberapa tips agar puasa terlaksana dengan sehat serta memungkinkan kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

1. Pastikan tubuh memiliki cukup air

Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup namun saat berpuasa kita perlu secara bijak mengelolanya dengan mengkonsumsi air pada saat sahur, berbuka puasa dan sebelum tidur. Pastikan kita minum air yang cukup dan tidak terlalu banyak agar tubuh bisa menyerap cairan dengan baik meski saat berpuasa.

Baca juga: Hati-Hati, Inilah yang Terjadi Jika Anda Makan Ayam Goreng Terlalu Banyak

2. Hindari minuman manis

Selain memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, sebaiknya minum air putih daripada minum minuman manis, terutama saat sahur. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada minuman tersebut dapat membuat seseorang cepat merasa haus.

Bagi yang ingin berdiet, inilah saatnya menantang diri sendiri untuk tidak mengonsumsi gula selama Ramadhan - tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga menjadi lebih sehat.

3. Jangan balas dendam saat berbuka

Ingat, buka puasa bukanlah untuk kita 'membalas dendam' setelah seharian menahan lapar dan haus. Bahkan dalam Islam sendiri mengajarkan kita untuk bersahaja saat berbuka puasa. Jangan terus mengonsumsi makanan berat seperti lauk pauk yang digoreng atau berminyak karena dapat menyebabkan kolesterol dan tekanan darah naik secara tiba-tiba.

Ada baiknya berbuka puasa dengan mencicipi kurma yang mengandung berbagai nutrisi dan air putih agar perut tidak terasa kaget.

Baca juga: Ini Durasi Normal Berhubungan Intim

4. Menu sahur yang tepat

Pemilihan sepiring nasi dengan berbagai jenis lauk pauk saat sahur nampaknya memuaskan hingga waktu istirahat namun kurang baik untuk sistem pencernaan. Sistem pencernaan harus bekerja keras untuk memproses semua makanan itu yang akhirnya membuat kita cepat lapar.

Pilih menu kaya serat, yogurt, buah dan sayur serta kurma yang lebih mengenyangkan dan bisa memberikan energi sepanjang hari.

5. Tetap aktif

Puasa bukan berarti kita perlu mengurangi aktivitas fisik dan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Jika kita mengikuti pola makan seimbang, tubuh kita bisa berfungsi dengan normal. Jadi, jangan hanya tidur!


Informasi Anda Genggam


Loading...