Mahfud MD Ingatkan Kepala Daerah Jangan Korupsi Dan Uang Janji Politik

M. Iqbal
Kamis, 15 April 2021 | 10:15 WIB
Foto : Mstar R24/ibl Foto : Mstar

RIAU24.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta para kepala daerah hasil Pilkada 2020 menghindari perilaku korupsi. Ia juga meminta agar mereka menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat memberikan arahan virtual kepada 184 kepala daerah Pilkada 2020 pada Rabu, 14 April.

"Para kepala daerah yang telah ditunjuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, menghindari korupsi, dan semaksimal mungkin memenuhi janji-janji politiknya," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Kamis, 15 April 2018.

Selain itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga berpesan agar pemerintah daerah selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam berbagai kebijakan. Termasuk, kebijakan keamanan di kawasan.

Baca juga: Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

“Kita butuh sinergi yang kuat antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Sinergi itu sangat penting, karena tanpa sinergi kebijakan antara Pusat dan Daerah tidak mungkin terlaksana,” ujarnya.

Kebijakan yang diminta Mahfud agar terkoordinasi dengan baik adalah kebijakan pelarangan mudik saat Idul Fitri 2021. Larangan ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain itu, Mahfud juga mengingatkan para kepala daerah untuk memperketat dan menegakkan protokol kesehatan di masyarakat. Apalagi di bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga: Bukan Karena Prestasi, Ini Faktor yang Membuat Elektabilitas Prabowo Masih Tinggi

Apalagi, kepala daerah perlu menjaga legitimasinya. Pasalnya, mereka yang terpilih melalui Pilkada 2020 adalah mandataris rakyat.

“Kepala daerah terpilih dalam pilkada adalah mandataris masyarakat yang perlu kita jaga legitimasinya,” pungkasnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...