Soba Palsu Menyebabkan Keracunan Makanan Massal Di Delhi, Lebih dari 400 Jatuh Sakit

Amerita
Kamis, 15 April 2021 | 10:56 WIB
Foto : Indiatimes R24/ame Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM -  Setidaknya 400 warga daerah Kalyanpuri di Delhi Timur dirawat di rumah sakit pada Selasa malam setelah mereka menderita muntah dan kehilangan kesadaran.

Para dokter menduga bahwa mereka jatuh sakit setelah makan kuttu ka atta atau soba yang dipalsukan. Kuttu ka atta dianggap saleh dan biasanya digunakan sebagai pengganti biji-bijian lain untuk makanan khusus puasa selama perayaan Navratri di India.

Para pasien yang mengeluh keracunan makanan mulai memadati Rumah Sakit Lal Bahadur Shahtri sekitar pukul 11 ​​malam. Sementara beberapa pasien muntah, banyak lainnya kehilangan kesadaran. Namun, sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Baca juga: Setelah 110 Tahun, Suara Lonceng di Gereja Ini 'Dimatikan', Alasannya...



Setelah diselidiki, semua pasien dengan gejala keracunan makanan mengaku telah makan kuttu ka atta untuk makan malam.

Polisi Delhi telah mengatakan bahwa mereka belum menerima keluhan apa pun terkait masalah ini, namun mereka akan menyelidikinya untuk mengetahui penyebab di balik keracunan makanan massal tersebut. Polisi mengatakan bahwa mereka akan melacak pabrik yang menjual tepung soba yang dipalsukan.

Insiden serupa di masa lalu
Ini bukan pertama kalinya insiden semacam itu dilaporkan. Pada Oktober 2020, sebanyak 32 orang jatuh sakit usai mengonsumsi olahan berbahan dasar kuttu ka atta di Roorkie, Uttarakhand. Para pasien dilaporkan makan makanan yang disiapkan dengan tepung tersebut yang menyebabkan mereka dirawat di rumah sakit dengan gejala pusing dan muntah.

Saat itu, Santosh Kumar, Petugas Keamanan Pangan, telah memastikan bahwa rantai pasokan gabah akan ditelusuri kembali ke sumbernya dan semua stok yang tersisa akan dimusnahkan.

Baca juga: Poin Pembicaraan Vladimir Putin dan Joe Biden Bocor, Bertemu 5 Jam dan Bahas Soal Ini di Swiss



“Kami mendapat informasi dari rumah sakit pemerintah bahwa beberapa orang dirawat setelah mereka makan makanan yang terbuat dari tepung kuttu. Kami telah menghubungi polisi dan pemilik toko untuk mencari pemasok dan menemukan kuttu itu dibawa masuk melalui kereta yang telah memasok pasar biji-bijian utama. Kami telah mengambil sampel biji-bijian yang menjadi bahan pembuatan tepung dan sedang dalam proses menghancurkan semua stok yang tersisa, "kata Santosh Kumar dalam sebuah pernyataan.

Pada tahun 2011, lebih dari 200 orang jatuh sakit di Delhi setelah makan kuttu ka atta yang tercemar.


Keracunan Soba
Informasi Anda Genggam


Loading...