Olah Raga Saat Puasa, Catat Waktu Yang Paling Tepat Untuk Melakukannya Dan Jenis Olah Raga Yang Dapat Anda Lakukan

M. Iqbal
Kamis, 15 April 2021 | 12:56 WIB
Foto : Kompas.com R24/ibl Foto : Kompas.com

RIAU24.COM -  Berolahraga itu baik untuk kesehatan. Jika waktu terbaik di hari-hari biasa bisa disesuaikan dengan pola sirkadian, bagaimana dengan saat berpuasa?

Berolahraga dapat berdampak buruk pada tubuh jika tidak dilakukan tepat waktu. Mulai dari gula darah yang terlalu rendah hingga dehidrasi bisa dialami saat berolahraga di waktu yang salah, terutama saat berpuasa.

Diberitakan dari Kompas, Kamis 15 April, waktu paling tepat untuk berolahraga saat berpuasa adalah saat tubuh mendapat asupan karbohidrat dan hidrasi yang cukup. Waktu ini berkisar antara setelah fajar, sebelum buka puasa, setelah tarawih atau sebelum tidur.

Baca juga: Waspada Sindrom Patah Hati, Sedih Berlebihan Sebabkan Kematian dan Penyakit Jantung

Di saat-saat seperti ini, rasa haus masih bisa diterima atau ditahan.

Yang perlu diperhatikan adalah level olahraganya. Tentu tidak bijak jika level olahraganya berlebih sehingga rawan mengganggu jalannya puasa.

Durasi olah raga saat Anda berpuasa antara 20 menit dan dilakukan secara rutin 4 sampai 5 kali dalam seminggu. Sedangkan jenis senam yang bisa dilakukan antara lain jalan cepat, jogging, dan senam kardio.

Senam kardio senam merupakan olahraga yang tidak membutuhkan peralatan. Secara terminologi atau akar kata berasal dari bahasa yunani yaitu kallos artinya 'keindahan' dan sthenos artinya kekuatan.

Dari asal kata calisthenic artinya olah raga yang memadukan keindahan yang dipadukan dengan kekuatan dan kestabilan dalam gerakan menarik, mendorong, menyerang dan mengangkat. Gerakan yang tergolong latihan kardio yang mengedepankan kelenturan juga mampu membakar lemak.

Baca juga: Kasihan, Wajah Bayi Perempuan Ini Alami Luka Mengerikan Usai Dilahirkan Lewat Operasi Caesar Darurat yang Gagal



Senam kardio meliputi sprint, squat berat badan, tendangan pantat, squat lunges, cross climbing, dan heismans. Peregangan sebelum berolahraga perlu dilakukan. Karena meminimalisir cedera dan bisa melenturkan tubuh lebih jauh.

Nah, selain jenis senam yang disebutkan di atas, Anda juga bisa melakukan yoga saat berpuasa. Jika dilakukan saat berpuasa, Anda bisa memilih gerakan yoga yang efektif untuk mendetoksifikasi, mengendurkan tubuh, dan mengatur laju pernapasan secara lebih teratur.

Olahraga rutin ini perlu diimbangi dengan disiplin waktu. Sesuaikan pola tidur Anda agar Anda tidak mengantuk di siang hari. Keseimbangan juga asupan nutrisi agar kesehatan tubuh tetap terkendali.


Informasi Anda Genggam


Loading...