Semut Lompat Asal India Dapat Mengecilkan Ukuran Otak Untuk Mengganti Sang Ratu

Devi
Minggu, 18 April 2021 | 11:04 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM - Tahukah Anda ada beberapa spesies serangga di dunia yang memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran otak mereka?

Luar biasa, bukan?

Menurut sebuah penelitian baru, beberapa spesies juga dapat membentuk kembali otak mereka kembali ke ukuran aslinya.  Ada spesies serangga yang dikenal sebagai semut pelompat India. Koloni makhluk unik ini tidak berakhir bahkan setelah kematian ratu dan sebagai gantinya, pekerja terpilih mengambil posisinya.

Baca juga: Hati-Hati, Inilah yang Terjadi Jika Anda Makan Ayam Goreng Terlalu Banyak

Bagaimana mereka melakukannya?

Nah, mereka mengecilkan ukuran otak mereka dan memperbesar ovarium untuk melahirkan keturunan.

Menurut Dr Clint Penich, penulis utama di Kennesaw State University AS, semut lompat India memiliki kemampuan untuk memodifikasi diri sepenuhnya bahkan pada tahap dewasa.

Bahkan, mereka juga bisa mengubah tubuh mereka kembali normal setelah selesai dengan peran sebagai ratu. Biasanya sudah diputuskan apakah semut akan menjadi pekerja atau ratu dari tahap larva. Jika semut memiliki hormon yang tepat dan tubuh yang sehat, ia dipilih menjadi ratu koloni. Namun, tidak demikian halnya dengan semut lompat India.

Baca juga: Ini Durasi Normal Berhubungan Intim



Tugas semut pekerja adalah membersihkan dan merawat keturunannya, serta berburu makanan. Koloni semut lompat India bertahan selamanya dibandingkan dengan spesies lain karena mereka tetap berfungsi bahkan setelah ratu mereka mati.

Tanggung jawab ratu satu-satunya adalah bereproduksi dan semut pekerja betina lainnya tidak diperbolehkan bertelur.


Semut India
Informasi Anda Genggam


Loading...