Hindari Bau Mulut Saat Puasa, Kenapa Tidak Mencoba 6 Tips Ini

Devi
Minggu, 18 April 2021 | 11:32 WIB
Foto : Mstar R24/dev Foto : Mstar

RIAU24.COM -  Penyebab bau mulut saat berpuasa sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi mulut kering tanpa asupan air.

Kondisi mulut kering, produksi air liur yang berfungsi menetralkan asam di mulut juga berkurang. Akibatnya, kadar asam di rongga mulut menjadi tidak seimbang sehingga memudahkan bakteri berkembang biak di dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa seperti yang diungkapkan oleh dokter, Dr Kamarul Ariffin Nor Sadan;

1. Minum air yang cukup

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena kekeringan pada mukosa di mulut akibat kekurangan air saat berpuasa. Jadi saat sahur sebaiknya minum air putih secukupnya, agar tubuh selalu terhidrasi dan mulut tidak kering.

Baca juga: Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

2. Hindari minum kopi atau teh saat subuh

Kopi dan teh adalah sejenis diuretik, yaitu zat yang meningkatkan produksi urin. Jika kita minum teh dan kopi, makanan kita akan kehilangan banyak air melalui urin. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, dan secara tidak langsung berkontribusi pada bau mulut.

3. Kurangi Berbicara

Kurangi bawang dan 'bawang'. Bawang putih dan bawang putih merah termasuk makanan yang membuat bau mulut. Di sisi lain, berbicara terlalu banyak dapat menyebabkan kelembapan di mulut mudah menguap sehingga menyebabkan mulut menjadi kering dan berbau.

4. Konsumsi karbohidrat secukupnya

Banyak yang mencoba menurunkan berat badan secara intensif selama Ramadhan dengan tidak mengonsumsi karbohidrat dan gula. Ini memaksa tubuh untuk mendapatkan energi dalam ketosis dan menghasilkan keton yang menyebabkan bau mulut. Jadi, makan lebih sedikit karbohidrat juga.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Untuk Meredakan Kelelahan

5. Gosok gigi dan bersihkan lidah Anda

Di antara penyumbang bau mulut adalah adanya bakteri di dalam mulut. Jadi, sikatlah gigi sebelum tidur dan 30 menit setelah sahur. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di celah-celah gigi dan bersihkan lidah dengan sikat gigi. Bisa juga berkumur dengan larutan obat kumur.

6. Pastikan tidak ada masalah mulut dan hidung

Jika semua cara di atas sudah dicoba tetapi mulut masih berbau, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Masalah pada rongga hidung, sinus, gigi, lidah, gusi atau amandel juga bisa menyebabkan bau mulut. Jadi, temui dokter untuk pemeriksaan.


Informasi Anda Genggam


Loading...