Bikin Bangga, Tampil Jadi Narasumber di Pertemuan Walikota Dunia, Pandangan Anies Baswedan Diapresiasi Sekjen PBB

Satria Utama
Sabtu, 17 April 2021 | 05:51 WIB
Anies Baswedan menjadi narasumber di acara internasional R24/saut Anies Baswedan menjadi narasumber di acara internasional

RIAU24.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin kelas dunia. Ia tampil memukai saat menjadi pembicara pada pertemuan Walikota C40. Anies berbicara dalam bahasa Inggris yang fasih menjelaskan tugas pemerintah kota terhadap warganya.

Pertemuan Walikota C40 ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Antonio Guterres, Jumat (16/4).

Baca juga: Siswi SD Bawa Pistol dan Tembakan Banyak Peluru Mengenai Orang di Sekolah

Menurut Anies, pemerintah kota memiliki tugas untuk menyediakan kehidupan yang layak bagi warganya. Hal ini termasuk menangani dampak perubahan iklim, dan berupaya keras untuk mengurangi emisi gas.

Sebuah kota bisa dibilang berhasil melakukan tugas tersebut setelah berkomitmen dan mengerahkan sumber daya dalam rencana aksi terkait perubahan iklim. "Serta memetakan aksi dalam strategi transportasi, pembangunan, mempromosikan energi (terbarukan), dan banyak lagi yang lain," kata Anies seperti dilansir Kantor Berita RMOLJakarta.

Pada kesempatan tersebut, Anies menegaskan komitmen Jakarta dalam upaya mengatasi perubahan iklim. Salah satunya tercermin dalam tata transportasi yang mengedepankan mobilitas warga dan berkelanjutan.

"Dan di saat yang sama, kami juga melakukan perubahan dari pembangunan (transportasi) berorientasi mobil, menuju transportasi berbasis transit," imbuhnya.

Baca juga: Geger Roket Seberat 21 Ton Bakal Jatuh ke Bumi, Pemerintah China Siapakan Dana Talangan

Lebih jauh, Anies sebagai Wakil Ketua Forum C40 juga menyampaikan sejumlah permintaan kepada PBB. Anies menilai, PBB punya peran yang cukup penting dalam membantu kota-kota di dunia.

Pertama, kata Anies, PBB harus mendorong negara-negara untuk mengakui hasil kerja keras kota dalam kampanye perubahan iklim. "Peran kota harus dikalkulasikan dalam kontribusi aksi perubahan iklim secara nasional," tegas Anies.

Kedua, kapasitas PBB memungkinkan untuk turut membina integrasi baik secara vertikal maupun horizontal terkait aksi perubahan iklim pada level kebijakan.

"Terakhir, PBB juga bisa membantu negara-negara untuk menyusun arsitektur yang komprehensif guna menerjemahkan keuntungan yang didapat pemerintah pada forum internasional, untuk dieksekusi pada tingkat lokal," demikian Anies Baswedan. 

Menariknya, Sekjen PBB, Antonio Guterres sempat menginterupsi Anies usai memaparkan pandangan selama sekitar 3 menit. Antonio Guterres mengaku sepakat dan mendukung sepenuhnya usulan yang diajukan oleh Gubernur Anies ke


Informasi Anda Genggam


Loading...