Pernah Dengar Wanita Haid Tidak Boleh Tidur Siang, Mitos Atau Fakta?

Rizka
Sabtu, 17 April 2021 | 23:34 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Pernah gak sih kamu mendengar larangan bahwa wanita yang sedang haid tidak boleh tidur siang?

Larangan ini disampaikan dengan alasan karena tidur siang ketika haid akan membuat darah naik ke kepala.

Padahal ini adalah mitos.

Bahkan di sisi lain, haid kerap kali membuat perempuan tidak bisa tidur dengan nyenyak karena berbagai keluhan seperti kram perut, mual, mules, sakit kepala, dan lainnya. Padahal, tidur siang saat haid justru baik untuk menjaga kebugaran.

Baca juga: Sebuah Studi Menyarankan, Sahabat Adalah Pasangan yang Paling Baik Dijadikan Pasangan Hidup, Ini Alasannya...

Melansir laman SehatQ, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

Yang pasti, ketika haid, hormon progesteron pada wanita akan meningkat. Hal ini membuat wanita haid butuh istirahat lebih banyak.

Ketika waktu istirahat sudah tercukupi, maka mood akan jadi lebih baik, dan tubuh pun jadi lebih bugar. Selain itu, tidur siang juga akan mendistraksi rasa nyeri yang muncul saat haid.

Faktanya, wanita haid cenderung butuh waktu istirahat yang lebih banyak.

Bergantung pada anatomi setiap individu, ada perempuan yang cenderung susah tidur saat haid atau sebaliknya terus-menerus merasa mengantuk. Ada yang mengalami haid dengan volume darah keluar sangat banyak, ada pula yang biasa.

Terlepas dari perbedaan itu, larangan tidur siang saat haid tetap saja tidak beralasan. Justru, ada banyak manfaat tidur siang saat haid:

1. Semakin waspada dan bugar

Tidur siang selama 20-30 menit bisa menambah kewaspadaan dan kebugaran seseorang. Selain itu, durasi singkat saat tidur siang juga bermanfaat karena tidak mengintervensi durasi waktu tidur saat malam hari tiba.

2. Mood lebih terjaga

Saat sedang haid, perempuan bisa merasakan perubahan mood yang tidak bisa diprediksi. Namun dengan beristirahat sejenak dengan tidur siang, bisa menghindari munculnya mood negatif yang bisa merusak produktivitas seharian.

3. Relaksasi

Baca juga: Tahukah Anda, Kisah Hidup 6 Orang Ini Ternyata Mempengaruhi Kehidupan Lebih Dari Yang Kita Sadari

Tidur siang singkat juga memiliki manfaat psikologis bagi orang yang melakukannya. Terlebih jika dilakukan oleh perempuan yang sedang mengalami haid dan merasa lebih lelah ketimbang hari-hari biasa.

4. Distraksi dari rasa nyeri

Tidur siang saat haid juga bisa memberi jeda kepada tubuh atau distraksi agar tidak terus-menerus merasa nyeri. Hal ini terutama berlaku bagi orang yang setiap datang bulan selalu merasakan nyeri haid tak tertahankan.


Informasi Anda Genggam


Loading...