Disebut-sebut Sebagai Penyandang Dana Pembelian Senjata untuk KKB, Pria Ini Diringkus

Siswandi
Senin, 19 April 2021 | 23:34 WIB
Paniel Kogoya (kanan) yang diduga bertindak sebagai pembeli untuk membeli senjata KKB Intan Jaya. Foto: int/ist R24/wan Paniel Kogoya (kanan) yang diduga bertindak sebagai pembeli untuk membeli senjata KKB Intan Jaya. Foto: int/ist

RIAU24.COM -  Satgas Nemangkawi menangkap Paniel Kogoya. Pria ini marak disorot karena disebut-sebut sebagai pihak penyandang dana untuk membeli senjata api bagi gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Seperti dituturkan Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusi Senin 19 April 2021, Paniel Kogoya ditangkap karena diduga pembeli atau pencari senjata KKB Intan Jaya, Papua.

Ditambahkannya, Paniel Kogoya sebenarnya sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena sepak terjangnya itu. Saat ini, Paniel Kogoya dibawa ke Polres Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca juga: 2 Remaja 17 dan 16 Tahun Bunuh 2 Pria, Mobil Mereka Dipenuhi 7 Senjata Api

Untuk diketahui, terungkapnya sosok Paniel Kogoya setelah adanya pengakuan dari DC dan FA, yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan senjata api.

"Dari hasil keterangan sementara Paniel Kogoya mengakui telah membeli senjata empat pucuk dan telah diberikan kepada KKB Nduga yang ada di Intan Jaya," tambahnya, dilansir rmol. 

Baca juga: Hentikan Remaja yang Mengejek Gelandangan, Pria Ini Tewas Ditikam

Dari keterangan DC, diketahui sejumlah transaksi yang dilakukan oleh Paniel Kogoya. Di antaranya pembelian senjata jenis M4 senilai Rp300 juta.

Begitu pula untuk pembelian senjata jenis M16 pada bulan Desember 2019 dengan harga Rp300 juta. Selanjutnya, ada pemesanan senjata seharga Rp550 juta pada awal tahun 2020. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...