Untuk Pertama Kalinya, Helikopter Ingenuity NASA Lakukan Penerbangan Bersejarah di Mars

Devi
Selasa, 20 April 2021 | 08:20 WIB
Foto : DW.com R24/dev Foto : DW.com
<p>RIAU24.COM -  Helikopter Ingenuity NASA telah melakukan penerbangan bersejarah di Mars, menjadi tanda pesawat bertenaga pertama di planet lain, seperti dilansir dari Aljazeera.

"Data Altimeter menegaskan bahwa Ingenuity telah melakukan penerbangan pertamanya, penerbangan pertama dari pesawat bertenaga di planet lain," kata kepala pilot helikopter di Bumi, Havard Grip, suaranya pecah saat rekan satu timnya bersorak sorai.

Pengawas penerbangan di California mengonfirmasi lompatan singkat Ingenuity setelah menerima data melalui penjelajah Perseverance, yang berjaga lebih dari 200 kaki (65 meter).

Baca juga: Akui Jika Vaksin Sinovac dan Sinopharm Kurang Efektif Dalam Mencegah COVID-19, China Akan Kembangkan Booster Shots Terbaru

Helikopter Ingenuity menumpang ke Mars dengan penjelajah Perseverance, menempel di badan pesawat penjelajah saat mereka tiba di delta sungai kuno pada bulan Februari 2021.

Demo helikopter senilai USD 85 juta dianggap sebagai risiko tinggi, namun justru memberikan penghargaan yang tinggi.

“Setiap dunia hanya mendapat satu penerbangan pertama,” manajer proyek MiMi Aung mencatat awal bulan ini. Berbicara di webcast NASA pada Senin pagi, dia menyebut penerbangan ke Mas sebagai "mimpi terakhir".

Baca juga: Ilmuwan Temukan Virus Tak Dikenal Berusia 15.000 Tahun yang Terjebak di Gletser Tibet

Aung dan timnya harus menunggu lebih dari tiga jam yang penuh ketegangan, sebelum mengetahui apakah penerbangan yang telah diprogram sebelumnya berhasil menempuh jarak 287 juta kilometer (178 juta mil).

Yang menambah kecemasan mereka adalah kesalahan perangkat lunak yang mencegah helikopter lepas landas pada minggu sebelumnya dan membuat para insinyur berebut untuk memperbaikinya. Tepuk tangan, sorak-sorai dan tawa meledak di pusat operasi ketika kesuksesan akhirnya diumumkan.

Selanjutnya menyusul ketika foto hitam putih pertama dari Helikopter Ingenuity muncul di layar mereka, menunjukkan bayangannya saat melayang di atas permukaan Mars. Berikutnya adalah gambar berwarna menakjubkan dari helikopter yang turun kembali ke permukaan, diambil oleh penjelajah Perseverance.


Informasi Anda Genggam


Loading...