Bukan Hanya Kanker Payudara, Tapi Ternyata Inilah 5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Kaum Hawa

Devi
Minggu, 25 April 2021 | 08:49 WIB
Foto : Mstar R24/dev Foto : Mstar

RIAU24.COM -  Faktanya ada banyak jenis kanker yang lebih berisiko bagi wanita dibandingkan pria. Yang paling populer adalah kanker payudara yang dapat menyerang wanita tanpa memandang latar belakang meskipun sebagian besar disebabkan oleh riwayat keluarga dan genetik.

Namun, kanker payudara bukanlah satu-satunya yang sering diderita wanita, melainkan ada lima jenis kanker yang populer di kalangan wanita, antara lain;

Baca juga: Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

1. Kanker usus
Kanker usus adalah kanker yang dimulai di usus besar atau rektum. Faktor yang meningkatkan risiko pada wanita adalah obesitas, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang salah selain asupan alkohol.
Pemeriksaan rutin dapat mencegah penyebaran kanker dan bagi mereka yang telah mencapai usia 40 tahun ke atas harus dilakukan pemeriksaan rutin.

2. Kanker paru-paru
Kebanyakan perokok bukanlah wanita tapi ironisnya penyakit ini menyerang banyak wanita. Pasalnya, selama ini mereka menjadi perokok pasif yang terpapar asap dan partikel kimiawi dari orang-orang di sekitarnya. Wanita yang pernah merokok juga berpotensi terserang penyakit ini meski sudah lama berhenti.

Sebagai tindakan pencegahan, pemeriksaan rutin harus dilakukan terutama jika Anda dikelilingi oleh perokok.

3. Kanker serviks
Kanker ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV), virus yang sangat terkait dengan infeksi menular seksual. Bisa terjadi karena kontak kulit seperti anal dan oral.
Selain itu, kebiasaan merokok, melemahnya sistem kekebalan tubuh selain penggunaan hormon tertentu dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.
Tes pap smear dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya kelainan atau kanker.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Untuk Meredakan Kelelahan



4. Kanker kulit
Wanita berkulit putih lebih berisiko terkena kanker kulit karena sel basal dan sel skuamosa terpapar berulang kali dan tidak terlindung dari sinar ultraviolet (UV). Kanker kulit melanoma jarang terjadi tetapi lebih berbahaya karena efeknya menyebar lebih cepat.
Untuk mencegah kanker ini, kita disarankan untuk melindungi kulit dengan memakai topi, memakai pakaian untuk menutupi tubuh agar sinar matahari tidak bisa menembus kulit.

5. Kanker ovarium
Wanita yang tidak memiliki anak atau bereproduksi di usia tua memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ovarium. Penyakit ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang terjadi karena berbagai faktor. Agar kanker ini sulit dideteksi tapi perlu hati-hati dengan beberapa gejala seperti perut bengkak, berat badan turun, gangguan pencernaan, sakit perut dan punggung serta sering buang air kecil.


Informasi Anda Genggam


Loading...