Liga Super Eropa Dianggap Kontroversial, Manchester City dan Chelsea Memilih Untuk Mengundurkan Diri Dari Laga

Devi
Rabu, 21 April 2021 | 08:35 WIB
Foto : France24 R24/dev Foto : France24
Bea Cukai

RIAU24.COM -   Klub sepak bola Inggris Manchester City dan Chelsea akan keluar dari Liga Super Eropa yang kontroversial dalam pukulan krusial untuk kompetisi baru yang diusulkan, menurut beberapa laporan media.

Chelsea dan City adalah dua dari 12 klub sepak bola Eropa terkemuka yang mendaftar ke liga yang memisahkan diri pada hari Minggu.

Manchester City mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, 20 April 2021, bahwa pihaknya telah "secara resmi memberlakukan prosedur untuk menarik diri dari grup yang mengembangkan rencana untuk Liga Super Eropa".

Chelsea belum memberikan pernyataan resmi.

Sesaat sebelum BBC melaporkan bahwa kedua klub Inggris itu akan mundur dari kompetisi yang memisahkan diri, di Spanyol kompetisi baru tersebut dibawa ke pengadilan untuk menghentikan otoritas sepakbola menggagalkan rencananya.

Baca juga: Hasil Semifinal Malaysia Open 2022: Apriyani/Fadia Jebol ke Final Usai Bungkam Korea Selatan

Ada juga spekulasi di Spanyol bahwa Barcelona dan Atletico Madrid mungkin merencanakan langkah serupa dalam apa yang bisa menjadi pukulan fatal bagi acara elit yang direncanakan namun tertutup itu.

Pertemuan darurat dari 12 klub dikatakan dijadwalkan pada Selasa malam, menurut surat kabar olahraga Spanyol Marca.

Tim lainnya adalah Arsenal, Tottenham, Liverpool dan Manchester United dari Inggris; Barcelona, ​​Real Madrid dan Atletico Madrid dari Spanyol; dan AC Milan, Inter Milan dan Juventus dari Italia.

Pada hari Selasa, seorang hakim pengadilan perdagangan Spanyol mengeluarkan putusan awal yang melarang FIFA, UEFA, dan lainnya untuk mengambil tindakan apa pun terhadap klub atau pemain Liga Super tersebut.

Tetapi keputusan itu sekarang mungkin menjadi usang karena tim tampaknya runtuh di tengah kecaman dan ancaman sanksi.

Ratusan penggemar Chelsea telah memprotes menjelang pertandingan Liga Premier tim mereka melawan Brighton dan Hove Albion pada hari Selasa, dan merayakannya secara luas setelah mendengar berita pengunduran diri klub mereka.

Sementara itu, Ed Woodward dari Manchester United akan meninggalkan perannya sebagai wakil ketua eksekutif pada akhir tahun, kata klub Liga Premier itu dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa. Woodward adalah salah satu tokoh terkemuka dalam proyek pemisahan diri tersebut.

"Manchester United hari ini mengumumkan bahwa wakil ketua eksekutif Ed Woodward akan mundur dari perannya pada akhir 2021," kata klub itu dalam sebuah pernyataan.

Jika beberapa tim mundur, itu pasti akan menandai awal dari akhir dari apa yang akan menjadi acara 20 tim dengan 15 anggota tetap dalam persaingan langsung dengan Liga Champions UEFA yang pada hari Senin disetujui untuk direvisi dari 2024 dan seterusnya dengan 100 pertandingan lagi. Liga Super berpendapat itu akan meningkatkan pendapatan ke klub-klub top dan memungkinkan mereka mendistribusikan lebih banyak uang ke sisa permainan.

Baca juga: Jadwal Malaysia Open Sabtu 2 Juli 2022 di Siarkan Secara Live di iNewsTV

Presiden Liga Super dan Real Madrid Florentino Perez pada Senin malam mengatakan kepada El Chiringuito TV bahwa “kami harus membuatnya (sepak bola) lebih menarik. Itu bukan sesuatu untuk orang kaya. Kami melakukan ini untuk menyelamatkan sepak bola ”.

Namun, badan pengatur olahraga, tim lain, dan organisasi penggemar mengatakan hal itu akan meningkatkan kekuatan dan kekayaan klub elit dan struktur tertutup liga bertentangan dengan model lama sepak bola Eropa.

Tidak seperti kompetisi Liga Champions elit Eropa saat ini, di mana tim harus lolos melalui liga domestik mereka, tim pendiri Liga Super akan menjamin diri mereka sendiri tempat di kompetisi baru setiap tahun. Besarnya pergolakan tersebut telah memicu gelombang oposisi dari dalam permainan, dunia politik dan opini publik, khususnya di Inggris.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meminta klub untuk mundur dari Liga Super Eropa setelah Chelsea dan Manchester City dilaporkan sedang mempersiapkan dokumen untuk mundur.

"Keputusan Chelsea dan Manchester City - jika dikonfirmasi - benar-benar tepat dan saya memuji mereka untuk itu," tulisnya di Twitter, Selasa.

Liga Utama Inggris mengatakan "dengan suara bulat dan keras" menolak rencana Liga Super. Setelah pertemuan dengan 14 klub yang tidak terlibat, dikatakan sedang mempertimbangkan "semua tindakan yang tersedia" untuk menghentikan kompetisi baru.

Manajer Manchester City Pep Guardiola jujur ​​dalam pendapatnya tentang liga yang diusulkan. “Ini bukan olahraga yang tidak ada hubungan antara usaha dan sukses,” katanya seraya mengatakan mereka yang berada di belakangnya berkewajiban memberi informasi lebih banyak.

"Ini bukan olahraga di mana kesuksesan sudah dijamin atau tidak masalah di mana Anda kalah."

Sementara itu, pemenang Liga Champions Bayern Munich dan finalis Paris Saint-Germain menegaskan bahwa mereka tidak akan bergabung dalam acara tersebut, dengan presiden Bayern Herbert Hainer menegaskan: "FC Bayern mengatakan tidak kepada Liga Super".

Di tengah kecaman dan ancaman yang terus berlanjut, Presiden UEFA Aleksander Ceferin menawarkan sebatang pohon zaitun kepada belasan yang memisahkan diri, meminta mereka untuk "berpikir lagi".

Ceferin melanjutkan dengan mengatakan bahwa sepak bola adalah milik semua orang karena “adalah bagian dari warisan kami. Menghormati sejarah. Menghormati tradisi. Hormati orang lain. Ini berarti sesuatu. "

Gianni Infantino, presiden badan sepak bola dunia FIFA, juga menolak rencana Liga Super dan mengancam klub yang terlibat dengan "konsekuensi" yang tidak ditentukan. "Di FIFA, kami hanya bisa menolak keras pembentukan Liga Super yang merupakan toko tertutup, yang memisahkan diri dari institusi saat ini, dari liga, dari asosiasi, dari UEFA, dan dari FIFA," katanya, Selasa. .

“Jika ada yang memilih jalannya sendiri, maka mereka harus hidup dengan konsekuensi pilihan mereka. Secara konkret, ini berarti Anda masuk atau keluar. Anda tidak bisa menjadi setengah,” katanya.


Informasi Anda Genggam


Loading...