NASA Bagikan Video Bersejarah di Mars, Momen Membanggakan Bagi Kemanusiaan

Devi
Minggu, 25 April 2021 | 10:00 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM -  NASA telah membagikan video lepas landas dari helikopter Ingenuity yang membuat sejarah kemarin, dengan menjadi penerbangan bertenaga pertama yang dicapai oleh manusia di planet lain yang pernah ada. Video tersebut menunjukkan bagaimana helikopter Mars berhasil melakukan penerbangan pertama yang bertenaga dan terkontrol di planet lain.

Menurut rilis yang dibagikan oleh NASA, pesawat itu diparkir di 'Van Zyl Overlook' - kira-kira 64,3 meter dari kawah Mars Jezero tempat Perseverance mendarat.

Meski cukup jauh dari rover, kamera Mastcam-Z pada rover Perseverance berhasil menangkap rover Ingenuity saat melakukan penerbangan perdananya. Video yang dibagikan oleh NASA menunjukkan bagaimana helikopter 1,8 kilogram itu naik ke ketinggian 10 kaki, di mana ia melayang selama kurang lebih lima detik.

Baca juga: Studi Menunjukkan Interval yang Lebih Lama Antara Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Meningkatkan Tingkat Antibodi Secara Keseluruhan

Selanjutnya, ia berbelok 96 derajat dan terus melayang sekitar 30 detik sebelum mendarat kembali dengan lembut di permukaan Mars. Menurut NASA, Ingenuity "akan membantu menentukan apakah eksplorasi masa depan di Mars dapat mencakup perspektif udara".

Area di mana Ingenuity berhasil meluncurkan penerbangan perdananya kini dinamai 'Wright Brother’s field', menghormati para perintis yang membuat penerbangan dan perjalanan luar angkasa menjadi mungkin. Jika Anda bertanya-tanya mengapa ini menjadi masalah besar, itu karena terbang di Bumi dan terbang di Mars sama sekali berbeda.

Atmosfer Mars hanyalah satu persen dari atmosfer Bumi dalam hal kepadatan di permukaan tanah, serta gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Bumi. Ini dimaksudkan agar Ingenuity bisa terbang, bilahnya harus berputar lebih cepat untuk mencapai daya angkat.

Sesuai data NASA, bilahnya bergerak dengan kecepatan 2.500 putaran per menit untuk memungkinkan helikopter melayang 10 kaki di atas tanah. Yang lebih mengejutkan adalah helikopter ini telah melakukan ribuan penerbangan, tetapi dalam simulasi, menurut Harvard Fjær Grip, Kepala Pilot Ingenuity.

Baca juga: Akui Jika Vaksin Sinovac dan Sinopharm Kurang Efektif Dalam Mencegah COVID-19, China Akan Kembangkan Booster Shots Terbaru

Dia berseru, "Sekarang untuk melihatnya akhirnya terjadi di Mars, persis seperti yang kami bayangkan itu adalah momen yang luar biasa."

Ingenuity akan terbang lagi setelah empat hari dan total lima penerbangan ada di map, setiap penerbangan akan lebih sulit dan menantang daripada sebelumnya. Penerbangan berikutnya akan mendorong helikopter ke ketinggian 16 kaki dan bahkan bergerak ke samping.


Informasi Anda Genggam


Loading...