Tahukah Anda, Inilah 3 Kapal Selam di Dunia yang Sempat Hilang dan Berhasil Ditemukan

Devi
Kamis, 22 April 2021 | 09:57 WIB
Foto : Kompas.com R24/dev Foto : Kompas.com

RIAU24.COM -  Kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut dikabarkan hilang kontak pada Rabu, 21 April 2021 pagi di perairan utara Pulau Bali. Kapal selam buatan Jerman tahun 1978 itu diperkirakan hilang sekitar pukul 03.00 di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali. 

Peristiwa hilangnya kapal selam sebelumnya juga pernah terjadi di dunia.

Baca juga: Tahukah Anda Jika Bahan Kimia Dalam Tabir Surya Ternyata Berpotensi Menghancurkan Terumbu Karang Lho...

Berikut 3 kapal selam di dunia yang sempat hilang dan kembali ditemukan :

1. HMS Urge 
Bangkai kapal selam Inggris HMS Urge yang menghilang pada puncak Perang Dunia II, telah ditemukan tergeletak di dasar laut di lepas pantai Malta, pada Oktober 2019. Melansir Reuters, 31 Oktober 2019, Urge berlayar pada 27 April 1942, membawa 32 awak, 11 personel angkatan laut lainnya, dan seorang jurnalis. Jurnalis itu adalah reporter perang Bernard Gray, satu-satunya jurnalis Inggris yang diyakini tewas di kapal selam selama Perang Dunia II. Kapal ini gagal mencapai Alexandria dan dikabarkan hilang. Sebuah tim dari Universitas Malta, telah menghabiskan dua dekade mengamati laut setempat, menyisir daerah yang tempat banyak kapal ditumbangkan oleh pasukan Nazi.


2. USS Grayback 
Kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Grayback tenggelam di Samudra Pasifik selama Perang Dunia II. Melansir laman resmi Departemen Pertahanan AS, Grayback merupakan satu dari 52 kapal selam AS yang dilaporkan hilang selama konflik besar. 6 kapal selam lain telah ditemukan dalam beberapa dekade. Saat itu, Grayback menyusuri dasar laut dan diperkirakan tiba di Midway pada 7 Maret 1944. Akan tetapi, kapal itu tidak pernah tiba. Ia terdaftar sebagai dugaan hilang pada 30 Maret 1944.

Sampai akhirnya, pada 5 Juni 2019, Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut memverifikasi penemuan Grayback.

Ia ditemukan di kedalaman 1.427 kaki di bawah permukaan laut di lepas pantai Okinawa, Jepang. Ini adalah kapal selam AS pertama yang ditemukan di perairan lepas pantai Jepang. Ia berhasil ditemukan setelah 75 ada di dasar laut dan menewaskan 80 awak kapalnya. 

Baca juga: Resep Gulai Taboh Khas Lampung

3. Kapal Selam U-20 Jerman 
Kapal selam U-20 merupakan kapal milik Jerman. Ia dikirim ke Laut Hitam oleh Nazi. Melansir Daily Sabah, 19 Oktober 2020, bagian kapal ini ditemukan di kedalaman 20 meter (65,6 kaki) di lepas pantai Karasu provinsi Sakarya bagian utara. Ini adalah bagian dari armada 6 kapal selam untuk dominasi angkatan laut di Laut Hitam selama Perang Dunia II. Armada tersebut sebelumnya dikirimkan bertujuan untuk menghalangi dominasi Soviet atas Laut Hitam.
 


Informasi Anda Genggam


Loading...