Mengerikan, Kasus Covid-19 di India Catat Rekor, Sehari Bertambah 300.000, Begini Kondisinya Saat ini

M. Iqbal
Kamis, 22 April 2021 | 13:39 WIB
Ilustrasi/net R24/ibl Ilustrasi/net

RIAU24.COM - Kasus Covid-19 di India semakin menggila, hal itu dilihat dari negara tersebut yang mencatat 300.000 kasus baru selama 24 terakhir.

Dilansir Tempo.co dari Reuters Kamis, 22 April 2021, India melaporkan 314.835 kasus Covid-19 harian, melampaui kenaikan satu hari tertinggi sebelumnya di dunia dari 297.430 kasus dari Amerika Serikat pada bulan Januari.

Saat ini, total kasus corona di India sekarang mencapai 15,93 juta. Sedangkan untuk kematian naik 2.104 menjadi total 184.657, menurut data kementerian kesehatan India.

Baca juga: Maskapai Penerbangan Uni Emirat Arab Gratiskan Biaya Transportasi dari Dubai ke India Untuk Kirim Bantuan dan Keperluan COVID-19

Dampaknya, sistem kesehatan di seluruh India kewalahan ketika gelombang kedua Covid-19 mulai melanda sejak pertengahan Maret.

Selain itu, di negara itu juga kehabisan lahan kuburan, rumah sakit penuh, dan keluarga yang putus asa meminta bantuan di media sosial untuk mendapatkan tempat tidur dan obat-obatan.

"Segalanya di luar kendali," ujar Ramanan Laxminarayan, direktur Center for Disease Dynamics, Economics and Policy di New Delhi.

Baca juga: Remaja Ini Nekat Menato Tubuhnya Dengan Gambar Peti Mati, Ternyata ini Alasannya...

"Tidak ada oksigen. Tempat tidur rumah sakit sulit ditemukan. Tidak mungkin mendapatkan tes. Anda harus menunggu lebih dari seminggu. Dan hampir setiap sistem yang dapat rusak dalam sistem perawatan kesehatan telah rusak," lanjutnya kepada CNN.

Perdana Menteri Narendra Modi berpidato pada hari Selasa, mengakui "pertempuran yang sangat besar" India melawan Covid-19.

Modi pun mengimbau negara-negara bagian India untuk menerapkan lockdown sebagai pilihan terakhir, bahkan ketika ibu kota New Delhi memasuki hari penuh pertama lockdown selama seminggu.


Covid-19 India
Informasi Anda Genggam


Loading...