Sedikitnya 13 Pasien COVID Terbunuh Dalam Kebakaran Rumah Sakit Maharashtra

Devi
Jumat, 23 April 2021 | 15:39 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Tiga belas pasien COVID-19 meninggal dalam kebakaran di unit perawatan intensif sebuah rumah sakit swasta di distrik Palghar di Maharashtra pada hari Jumat.

Ada 90 pasien di rumah sakit, 18 di antaranya di ICU, saat kebakaran terjadi setelah ledakan di unit AC. Korban tewas termasuk lima wanita dan delapan pria.

Menurut pejabat, kebakaran terjadi di ICU di lantai dua Rumah Sakit Vijay Vallabh berlantai empat di Virar tak lama setelah jam 3 pagi, kata seorang pejabat. Petugas pemadam kebakaran memadamkan api pada pukul 5.20 pagi.

Ada 18 pasien di ICU saat kebakaran terjadi, kata pejabat itu. Lima pasien diselamatkan dan dipindahkan ke rumah sakit lain di daerah tersebut.

Menteri Utama Maharashtra Uddhav Thackeray telah memerintahkan penyelidikan atas tragedi itu, kata Menteri Kesehatan Rajesh Tope.

Baca juga: Percaya Mitos, Para Penderita COVID-19 di India Yakin Akan Sembuh dan Mendapat Oksigen yang Maksimal Jika Tidur di Bawah Pohon Ini

Mantan anggota parlemen BJP Kirit Somaiya mengatakan pihak berwenang harus memeriksa apakah ada audit keselamatan kebakaran di rumah sakit tersebut, yang berjarak lebih dari 50 km dari Mumbai.

Kepala Sel Pengendalian Bencana Distrik Vivekanand Kadam mengatakan kepada PTI bahwa kebakaran rumah sakit Virar diawali dengan ledakan di unit AC dari unit perawatan intensif.

Kerabat almarhum tiba di rumah sakit segera setelah mendengar kejadian tersebut dan menuntut tindakan tegas diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab atas tragedi tersebut.

Ini adalah kebakaran kedua di rumah sakit COVID-19 di Maharashtra dalam waktu kurang dari sebulan.

Bulan lalu, 11 pasien COVID-19 telah meninggal setelah kebakaran terjadi di Rumah Sakit Sunrise yang terletak di dalam Dreamz Mall di Bhandup Mumbai, menjebak pasien dan staf di dalamnya.

 

Baca juga: Tragis, Wanita Ini Dibiarkan Meninggal Di Jalan Setapak, Setelah Rumah Sakit Menolak Memberikan Bantuan



Api pertama kali terlihat di lantai pertama mal tempat toko-toko dekorasi rumah dan perhiasan imitasi berada dan kemudian menyebar ke lantai lain.

Insiden itu juga terjadi hanya beberapa hari setelah 22 pasien COVID-19 yang menggunakan ventilator atau bantuan oksigen, mati lemas ketika pasokan oksigen mereka tiba-tiba berhenti karena kerusakan di gudang utama di sebuah rumah sakit umum di Nashik.

Awal tahun ini, sepuluh bayi tewas dalam kebakaran yang terjadi di unit perawatan bayi baru lahir di rumah sakit distrik Bhandara di Maharashtra.


Informasi Anda Genggam


Loading...