Tak Puas Kuasai Ekonomi Dunia, China Rancang Program Menguasai Ruang Angkasa, Begini Ambisinya

Satria Utama
Minggu, 25 April 2021 | 11:43 WIB
Misi luar angkasa China R24/saut Misi luar angkasa China

RIAU24.COM China terus berusaha mewujudkan ambisinya menjadi penguasa dunia dengan membangun kekuatan di berbagai sektor. Tak puas menguasai ekonomi dunia, China pun mulai membangun sistem pertahanan luar angkasa.

Hal itu diungkap oleh Kepala Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA), Zhang Kejian ketika memberikan pidato pada perayaan Hari Luar Angkasa China di Nanjing, Provinsi Jiangsu pada Sabtu (24/4).

Baca juga: Hongaria: PM Larang LGBTQ dan Transgender, Rakyat Ngamuk

Kendati begitu, seperti dikutip Reuters, Zhang tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait rencana tersebut. Ia hanya mengatakan pertahanan luar angkasa itu untuk melawan asteroid yang berada di dekat Bumi.

Dalam beberapa tahun terakhir, China berupaya menggapai ambisinya untuk mengeksplorasi ruang angkasa. Bahkan China bertujuan untuk menetapkan program yang mengoperasikan ribuan penerbangan luar angkasa setahun dan membawa puluhan ribu ton kargo dan penumpang pada tahun 2045.

China juga mendorong misi di mana satu pesawat luar angkasa akan mendarat di asteroid dekat Bumi untuk mengumpulkan sampel, terbang kembali ke Bumi untuk melepaskan kapsul yang berisi sampel, dan kemudian mengorbit komet lain.

Menurut akademisi di Chinese Academy of Sciences, Ye Peijian, misi tersebut bisa memakan waktu satu dekade untuk diselesaikan.

Baca juga: Pria dengan Istri dan Anak Terbanyak di Dunia Meninggal di India

Selain itu, pada bulan lalu, China dan Rusia telah menandatangani nota kesepahaman untuk mendirikan stasiun penelitian bulan internasional.

Tahun lalu, Badan Antariksa Eropa menandatangani kesepakatan senilai 129 juta euro untuk membangun pesawat ruang angkasa yang merupakan proyek bersama dengan NASA yang meneliti cara membelokkan asteroid menuju Bumi. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...