Prihatin Tenggelamnya KRI Nanggala 402, Ustaz Abdul Somad Galang Donasi Beli Kapal Selam Baru

Satria Utama
Selasa, 27 April 2021 | 05:45 WIB
Ust. Abdul Somad R24/saut Ust. Abdul Somad

RIAU24.COM -  Tragedi tenggelamnya kapal selam Nanggala-402 di perairan utara Bali yang menewaskan 53 awak menimbulkan duka mendalam bagi segenap bangsa. Keprihatinan juga muncul melihat kondisi alutsista Indonesia banyak yang sudah tua.

Salah satu yang menyuarakan keprihatinannya adalah ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). Bahkan sebagai bentuk kepeduliannya, UAS memilih cara dengan menggalang dana patungan untuk membeli kapal selam pengganti Nanggala-402.

Baca juga: Majelis Ulama Minta Ramalan Joe Biden Tentang Tenggelamnya Jakarta Tak Perlu Ditanggapi

"Rakyat  bersatu jaga kedaulatan laut kita," demikian judul yang dipilih dalam mengumumkan pembukaan donasi di akun Instagram ustadzabdulsomad_official, Senin (26/4) seperti dilansir RMOL.

Dalam unggahannya, UAS menjelaskan bahwa melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia sudah tertuang jelas dalam Pembukaan UUD 1945.

"Lautan kita yang membentang luas melebihi daratannya, dari samudera Indonesia di barat Aceh hingga perairan Papua merupakan bagian dari wilayah negeri kita yang harus dijaga dan dilindungi, beserta kekayaan tak ternilai yang ada di dalamnya," jelasnya.

Berstatus sebagai negara maritim yang dipenuhi kepulauan, membuat tugas TNI Angkatan Laut cukup berat dalam menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari kurangnya personel dan armada, luasnya wilayah yang harus dijaga, besarnya kekayaan yang mengundang berbagai kepentingan asing, hingga penyusupan-penyusupan yang terus terjadi.

Baca juga: Rekomendasi UNESCO Terhadap Pariwisata Pulau Komodo Jadi Kemenangan Besar Bagi Dunia Konservasi Indonesia

"Lautan kita yang luas, yang pernah dijaga dengan gagah oleh Laksamana Nala, Pati Unus, Malahayati, Baabullah, dan Nuku; yang pernah diharumkan oleh kegigihan RE Martadinata hingga pengorbanan Yos Sudarso, kini menjadi amanat di pundak kita semua, agar dapat kita wariskan kepada anak cucu kita kelak," sambung UAS.

Kini, kata dia, sudah saatnya masyarakat Indonesia ikut berkontribusi membangun kekuatan armada laut agar kembali berjaya.

"Kami dari Masjid Jogokariyan, mengajak seluruh putra-putri Indonesia yang berjiwa patriot dan cinta negeri ini, beramal bersama dalam Open Donasi Patungan Penggalangan Dana Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402," demikian pengumuman yang disampaikan UAS. ***


Informasi Anda Genggam


Loading...