Cara Gila Menjadi Awet Muda

Amerita
Minggu, 02 Mei 2021 | 10:10 WIB
Foto : VOI R24/ame Foto : VOI

RIAU24.COM -  Unggahan foto di akun Instagram Sophia Latjuba membuat kagum warganet. Karena di usianya yang setengah abad, Sophia masih terlihat bugar dan awet muda. Tubuhnya terlihat mulus nyaris tanpa kerutan.

Sophia pernah mengungkapkan apa rahasianya menjadi seorang pemuda abadi. Pertama, menerapkan pola makan vegan atau tidak mengonsumsi protein hewani. Ia menggantinya dengan protein yang berasal dari tumbuhan.

Kedua, Sophia juga rutin berolahraga. Dia secara teratur menghabiskan satu jam melakukan yoga.

Sedangkan untuk produk kecantikan sendiri, Sophia mengaku belum banyak menggunakannya. Ia hanya mengandalkan pelembab dan pembersih wajah. Menurutnya, yang terpenting jangan lupa mengambil liburan dan bersikap positif.

Bukan hanya Sophia, selebritas lain yang terkenal masih muda adalah Wulan Guritno. Lihat saja galeri Instagram-nya, aktris berusia hampir 40 tahun ini terlihat fresh dan awet muda. Saking mudanya, ia sering disebut 'bersaudara' dengan putrinya, Shaloom Razadee.

Baca juga: Menindik Telinga Anak Saat Masih Bayi Lebih Baik Dibandingkan Saat Ia Berusia Lebih Dari 11 Tahun, Ini Alasannya

Memang baru di dalam negeri, di luar negeri salah satu selebriti yang dikenal masih muda adalah Jennifer Lopez. Meski usianya 51 tahun, ia masih terlihat seperti berusia 30 tahun. Aktris yang memulai karirnya pada tahun 1990-an ini berhasil mencegah keriput dan perubahan warna kulit.

Selain itu ada Gwyneth Paltrow, aktris yang juga terbilang awet muda. Pada Januari 2021, Paltrow membagikan foto dirinya mengenakan loungewear abu-abu. Pengikut Paltrow di Instagram mengatakan pria berusia 48 tahun itu tampak muda dan segar. Mengenakan kacamata dengan rambut diikat ke belakang, meski tanpa riasan, Paltrow tetap memukau.

Menjadi muda adalah impian hampir setiap wanita di dunia sejak jaman dahulu kala. Penelitian yang dilakukan untuk melawan penuaan terus berlanjut selama berabad-abad. Oleh karena itu, cara agar tubuh tetap awet muda kini banyak ragamnya, mulai dari yang dianggap biasa hingga yang ekstrim.

Mengutip TIME, Cleopatra diketahui mandi dengan susu keledai untuk menghaluskan dan mengelupas kulit. Setidaknya 700 keledai membutuhkan susu untuk dimandikan dengan susu setiap hari. Selain itu, dari tahun 1558 hingga 1603, wanita di Inggris membubuhkan daging mentah tipis di wajah mereka untuk mengurangi kerutan. Sedangkan pada tahun 1700-an, wanita di Prancis yang tinggal di perkebunan menggunakan anggur di wajah mereka untuk mengangkat kulit mati agar kulit tetap sehat.

Meskipun penelitian biomedis tentang penuaan mencapai legitimasi ilmiah dan politik pada akhir abad ke-20, tantangan baru terhadap reputasi perawatan anti-penuaan dikembangkan dalam bentuk gerakan "perawatan anti-penuaan" pada tahun 1990-an.

Mengutip jurnal Oxfor Academic, sejarawan Carole Haber pernah menyatakan kemunculan kontemporer pengobatan anti-penuaan terletak pada daya tarik janjinya bagi para baby boomer. Saat itu mereka menua dan orientasi anti-penuaan berkembang.

Ada kekhawatiran tentang konsekuensi ekonomi negatif bagi masyarakat terkait dengan boomer yang mencapai usia tua. Bagaimanapun, penggunaan produk anti-penuaan, terutama suplemen makanan, melonjak setelah diberlakukannya Undang-Undang Kesehatan dan Pendidikan Suplemen Diet tahun 1994, yang melonggarkan regulasi produk anti-penuaan.

Baca juga: Suka nahan lapar? Hati-hati, Ini Yang Akan terjadi Di Dalam Tubuhmu!

Cara ekstrim
Selain menggunakan cara biasa seperti yang sudah disebutkan, banyak cara ekstrim untuk menjaga tubuh tetap awet muda. Salah satunya dengan facial vampir yang kemudian dilakukan secara heboh oleh Kim Kardashian.

Vampir wajah, atau dikenal sebagai PRP (plasma kaya trombosit), telah banyak diperdebatkan sejak Kim Kardashian menjalani prosedur yang ditayangkan di reality show-nya mengikuti Kardashian.

Mengutip The Independent, Kim Kardashian mengaku menyesal melakukan perawatan wajah vampir. Dia menggambarkan prosedur tersebut sebagai "kasar" dan "menyakitkan."

"Sebelum saya menjalani prosedur, saya baru tahu bahwa saya hamil. Jadi saya tidak bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit atau (minum) obat penghilang rasa sakit dan keduanya disarankan," kata Kardashian.

Perawatan wajah vampir adalah perawatan yang sangat diperdebatkan di dunia estetika wajah, seperti yang dijelaskan oleh Dr Darren McKeown. "Pada dasarnya prosedur ini melibatkan pengambilan darah dari pasien, memprosesnya dalam mesin sentrifugal untuk mengekstrak plasma - yang mengandung trombosit dan faktor pertumbuhan - dan kemudian menyuntikkannya kembali ke wajah."

"Teorinya adalah bahwa trombosit dan faktor pertumbuhan memulai respons penyembuhan yang, seiring waktu, meremajakan kulit. Tetapi metode ini kontroversial karena bukti yang digunakan untuk menunjukkan bahwa cara itu berhasil masih kontradiktif," kata McKeown.

Cara lain untuk tetap awet muda adalah dengan menyuntikkan botoks. Menurut Webmd, Botox adalah obat yang telah digunakan dokter selama bertahun-tahun untuk mengatasi kerutan dan kerutan wajah. Injeksi botoks hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan tidak membutuhkan anestesi. Penyedia menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan Botox ke otot tertentu, tetapi ini sedikit tidak nyaman.

Biasanya diperlukan waktu 7 hingga 14 hari untuk merasakan efek sepenuhnya. Setelah disuntik botox, biasanya area suntikan tersebut dilarang untuk digosok selama 24 jam agar tidak menyebarkan botox ke area lain. Dokter juga akan memberitahu Anda untuk tetap tegak selama 4 jam setelah penyuntikan dan tidak berolahraga untuk sementara waktu. Efek Botox bertahan selama 3 sampai 6 bulan. Saat gerakan otot kembali perlahan, garis dan kerutan mulai muncul kembali dan perlu dirawat lagi.


Informasi Anda Genggam


Loading...