Tahukah Anda, Kisah Hidup 6 Orang Ini Ternyata Mempengaruhi Kehidupan Lebih Dari Yang Kita Sadari

Amerita
Sabtu, 08 Mei 2021 | 04:07 WIB
Foto : Brightside R24/ame Foto : Brightside

RIAU24.COM -  Tokoh-tokoh seperti Thomas Edison dan Dr. Martin Luther King dikenang di seluruh dunia karena pencapaian mereka yang luar biasa.

Tindakan mereka telah mengubah cara kita berpikir tentang dunia kita dan cara kita menjalani hidup. Namun, ada orang yang tindakan dan kehidupannya tidak disebutkan meskipun sangat mempengaruhi hidup orang lain.

Salah satu contohnya adalah penemu televisi sebenarnya, yang namanya tidak dikenal luas sebagaimana mestinya.

Dilansir dari Bright Side, kami ingin merayakan 6 tokoh sejarah yang berperan dalam membentuk kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.

1. Susanna Salter adalah walikota wanita pertama.
Dalam pemilihan walikota tahun 1887 di sebuah kota kecil di Texas, Nyonya Salter menemukan namanya di surat suara kandidat. Calon saat itu tidak harus mengajukan sebelum pemilihan, tetapi panitia memilih mereka tanpa bertanya.

Panitia hanya terdiri dari laki-laki yang menganggap akan lucu untuk mencalonkan seorang perempuan. Mereka tidak percaya sedetik pun bahwa orang-orang di kota akan memilihnya.

Ketika diketahui bahwa namanya ada di surat suara, dia ditanya apakah dia akan mengabdi di kotanya jika dia menang. Dia dengan senang hati menerimanya, sesuatu yang membuat suaminya marah. Yang mengejutkan semua orang, Nyonya Salter memenangkan 2/3 suara dan dinobatkan sebagai Walikota. Jadi, alih-alih mengolok-olok perempuan yang ingin terjun ke politik, panitia berhasil memilih walikota perempuan pertama.

Baca juga: Tak Masuk Akal! Pria Ini Mengajukan Tuntutan Hukum Kepada Dirinya Sendiri, Begini Ceritanya

2. Eugène François Vidocq memperkenalkan ilmu forensik kepada polisi Prancis
Setelah ditangkap 3 kali dan dihukum karena kejahatan yang mengerikan, Eugène menawarkan jasanya kepada polisi Prancis untuk menghindari penjara.

Dia pertama kali bekerja sebagai mata-mata dan kemudian mendirikan biro pakaian preman. Dia membantu polisi mengidentifikasi penjahat berdasarkan teknik berulang. Dia sering memasukkan dirinya dalam pertemuan kriminal untuk mengumpulkan informasi.

Setelah melakukan kejahatan, dia akan mencari bukti, seperti jejak kaki yang kemudian dia coba cocokkan dengan sepatu bot tersangka.

Dia adalah orang pertama yang melakukan pemeriksaan balistik dan menemukan metode untuk menganalisis tulisan tangan. Dia juga mendapatkan ide untuk menggunakan sidik jari untuk mengenali penjahat, tetapi tidak pernah menemukan tinta yang sesuai.

3. Jane Bolin adalah hakim Afrika-Amerika pertama.
Ms. Bolin adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang lulus dari Universitas Yale. Dia juga orang pertama yang bergabung dengan Asosiasi Pengacara Kota New York dan akhirnya hakim wanita kulit hitam pertama. Meskipun menghadapi rasisme dan seksisme yang luar biasa selama kuliah dan tahun-tahun profesionalnya, dia berhasil menjadi hakim pengadilan keluarga. Dia bekerja selama 4 dekade di bidang ini, mencoba mengakhiri segregasi di fasilitas penempatan anak.

Dia mendedikasikan karirnya untuk mengakhiri diskriminasi dan masalah rasial dan sosial lainnya. Dia juga bekerja di sebelah Eleanor Roosevelt untuk melawan kejahatan yang dilakukan terhadap anak laki-laki. Melihat kembali karirnya yang luar biasa, dia berkata, “Saya tidak peduli tentang menjadi yang pertama, kedua, atau terakhir. Pekerjaan saya adalah perhatian utama saya. "

4. Bessie Coleman adalah penerbang wanita pertama yang tercatat.
Meskipun dia bukan wanita pertama yang mendapatkan lisensi pilot, dia adalah orang pertama yang menerbangkan pesawatnya sendiri pada tahun 1921. Sementara banyak orang memuji Amelia Earhart sebagai pilot wanita pertama, patut disebutkan bahwa dia mendapatkan lisensi nya 6 bulan setelahnya. Coleman. Semangat Bessie untuk terbang dimulai setelah kakaknya menggodanya bahwa wanita Prancis dapat menerbangkan pesawat sementara dia tidak bisa.

Itu sebabnya dia pindah ke Paris, belajar bahasa Prancis, dan mendaftar ke sekolah penerbangan.

Pada tahun 1922, dia mulai melakukan pertunjukan penerbangan dan menjadi terkenal karena beberapa triknya. Pada tahun 1926, dia dan mekaniknya sedang dalam penerbangan ketika salah satu mesinnya mengalami kerusakan. Bessie tidak mengenakan sabuk pengaman dan jatuh dari pesawat tanpa atap, kehilangan nyawanya pada usia 34 tahun.

Baca juga: Viral Seorang Ibu Sakit Hati Anaknya Dikerok Hingga Merah, Netizen Balas Begini

5. Philo Farnsworth bertanggung jawab atas kelahiran televisi.
Farnsworth merancang televisi pertama di atas kertas ketika dia berada di kelas kimia di sekolahnya pada usia 14 tahun. Dia bukan orang pertama yang bereksperimen dengan membuat TV, tetapi pendekatan teknologinya adalah yang pertama berhasil. Pada tahun 1927, pada usia 21 tahun, ia mendemonstrasikan dua hak paten TV pertama. Pada tahun 1938, hampir 3/4 dari semua hak paten televisi dibuat dan dimiliki oleh Farnsworth.

Itulah mengapa pada tahun 1939 ketika RCA menginvestasikan $ 50 juta untuk mengembangkan televisi elektronik, mereka membayar untuk mendapatkan lisensi untuk menggunakan paten Philo. Namun, ketika mereka akhirnya membuat TV, mereka tidak memuji dia atas penemuan tersebut tetapi dua ilmuwan lainnya. Alasannya adalah Farnsworth telah menggugat dan memenangkan kasus RCA atas pelanggaran hak cipta. Pengadilan juga meminta perusahaan membayar royalti kepada Philo atas penemuannya.

6. Rosa May Billinghurst adalah pahlawan gerakan Hak Pilih.
Ketika Rosa masih sangat muda, dia terjangkit polio, penyakit yang membuatnya tidak bisa berjalan. Dia harus mengandalkan sepeda roda tiganya untuk bergerak dan menggunakannya untuk mendistribusikan selebaran untuk gerakan Hak Pilih. Pada November 1910, dia berpartisipasi dalam "Black Friday", di mana dia dilempar dari sepeda roda tiga oleh polisi. Dia ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara dua kali, di mana dia diperlakukan dengan buruk oleh polisi.

Perlakuan buruknya dipublikasikan dan polisi akhirnya membebaskannya. Dalam demonstrasi tahun 1914, Suffragettes bentrok dengan 1.500 polisi. Sekali lagi Rosa terluka oleh polisi, tapi untungnya Suffragette lain ada di sana untuk membantunya. Setelah suara untuk perempuan diamankan, Rosa berhenti aktif secara politik.

Adakah tokoh sejarah lain yang menurut Anda pantas untuk disebutkan lebih lanjut? Mengapa Anda yakin bahwa kontribusi mereka dilupakan seiring berjalannya waktu?


Informasi Anda Genggam


Loading...