Mengejutkan, Bos Microsoft Bercerai Setelah 27 Tahun Hidup Bersama

Devi
Selasa, 04 Mei 2021 | 08:35 WIB
Foto : Aljazeera R24/dev Foto : Aljazeera

RIAU24.COM -  Dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan dunia, Bill dan Melinda Gates mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah memutuskan untuk bercerai setelah 27 tahun hidup bersama, tetapi akan terus bekerja sama di yayasan filantropi mereka.

Bill, miliarder pendiri Microsoft, dan Melinda, seorang penulis dan pengusaha, mengumumkan keputusan mereka untuk berpisah dalam pernyataan identik yang diposting di akun Twitter masing-masing.

“Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi percaya bahwa kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya,” bunyi pernyataan itu.

Pasangan itu, yang bertemu di Microsoft dan menikah di Hawaii pada 1994, meminta privasi.

Baca juga: Kerap Berusaha Untuk Tidak Memusuhi Mitra Dagangnya, Kini Israel Kecam Perlakuan China ke Muslim Uighur

Sebuah petisi bersama untuk pembubaran pernikahan yang diajukan oleh pasangan tersebut di Pengadilan Tinggi King County di Seattle menyatakan: "Pernikahan itu tidak dapat diperbaiki lagi."

Pasangan itu meminta pengadilan untuk menyetujui kesepakatan mereka tentang pembagian aset, tetapi tidak mengungkapkan rinciannya, menurut kantor berita Reuters.

Bill Gates, 65, mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama Paul Allen. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai USD 130,5 miliar, menurut Forbes, dan dia telah menyumbangkan saham Microsoft senilai USD 35,8 miliar ke yayasan pasangan itu.

Dia mengumumkan tahun lalu bahwa dia akan mengundurkan diri dari dewan Microsoft untuk fokus penuh waktu pada pekerjaannya sebagai ketua bersama yayasan. Melinda Gates, 56, menjabat sebagai ketua bersama yayasan dan merupakan pendiri Pivotal Ventures, perusahaan investasi dan inkubasi yang berfokus pada memajukan kepentingan wanita dan keluarga Amerika.

Diluncurkan pada tahun 2000, Bill & Melinda Gates Foundation adalah yayasan filantropi swasta terbesar di Amerika Serikat dan salah satu yang terbesar di dunia, dengan aset bersih USD 43,3 miliar pada akhir tahun 2019, menurut situs webnya.

Baca juga: Ajaib, 2 Bayi Mampu Selamat Dari Kecelakaan Mengerikan Setelah Ambulans yang Ditumpangi Menabrak Sebuah Mobil

Yayasan tersebut memberikan USD 5,1 miliar kepada penerima hibah di 135 negara pada tahun 2019, dan mempekerjakan 1.602 orang.

Pada tahun 2020, yayasan mengumumkan komitmen lebih dari USD 1,75 miliar untuk mendukung tanggapan global terhadap COVID-19.

Sejak didirikan, yayasan tersebut mengatakan telah memberikan lebih dari USD 54,8 miliar dalam bentuk pembayaran langsung yang memfokuskan kegiatannya pada kesehatan, pembangunan dan iklim.

Pasangan itu "akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi masalah yayasan dan menetapkan arah keseluruhan organisasi," kata Gates Foundation dalam sebuah pernyataan.

The Gates 'adalah perceraian profil tinggi kedua di antara orang-orang kaya teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Pendiri Amazon Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie Scott, berpisah pada 2019 setelah 25 tahun menikah.

Scott, seorang penulis dan dermawan, kemudian menyumbangkan USD 5,7 miliar dari kekayaannya pada tahun 2020 untuk amal yang berfokus pada keadilan rasial dan kerawanan pangan. Dia menikah dengan Dan Jewett, yang bekerja sebagai guru kimia di sekolah anak-anaknya, awal tahun ini.

David Callahan, pendiri situs web Insider Philanthropy dan penulis 'The Givers: Wealth, Power, and Philanthropy in a New Gilded Age' mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana Gates 'Foundation akan terpengaruh oleh perceraian.

Melinda Gates, yang mulai menggunakan nama Melinda French Gates baru-baru ini, telah mengalihkan perhatiannya pada wanita dan anak perempuan dan mendapatkan dukungan Scott dalam dana kesetaraan gender senilai $ 40 juta yang akan diberikan penghargaan pertamanya akhir tahun ini.

"Anda dapat membayangkan dua jalur terpisah di mana mereka berdua bekerja sama di yayasan, dan masing-masing mengejar filantropi independen mereka sendiri di luar yayasan," kata Callahan kepada Associated Press.

“Tidak ada yang tahu apa persyaratan dari perjanjian perceraian mereka. Tapi jika Melinda Gates akhirnya mendapatkan sebagian dari kekayaan itu dan berubah menjadi yayasannya sendiri, itu akan menjadi salah satu yayasan terbesar yang mungkin ada di Amerika. "


Informasi Anda Genggam


Loading...