7 Tips Puasa Tetap Lancar Meski Lupa Sahur

Rizka
Selasa, 04 Mei 2021 | 11:30 WIB
google R24/riz google

RIAU24.COM -  Sebelum memulai ibadah puasa Ramadan, kita terlebih dahulu melakukan sahur. Namun karena sahur dilakukan saat dini hari, tidak sedikit orang lupa serta melewatkannya sehingga mereka berpuasa sepanjang hari tanpa modal di perut.

Tentunya hal tersebut sangat tidak mengenakkan. Lalu bagaimana agar kita tetap semangat puasa hingga waktu berbuka meskipun lupa sahur?

Simak tips kuat puasa tanpa sahur berikut ini!

1. Tetap Tenang

Baca juga: Sebuah Studi Menyarankan, Sahabat Adalah Pasangan yang Paling Baik Dijadikan Pasangan Hidup, Ini Alasannya...

Bisa dipastikan Anda panik saat melihat jam sudah menunjukkan pukul 4.30. Sahur terlewat dan puasa seharian harus dilalui tanpa asupan apa pun. Tak jarang timbul pikiran negatif dan penyesalan.

Anda boleh saja panik, tetapi jangan terlalu lama larut dalam situasi sebab energi bisa habis sia-sia. Mood seharian bisa rusak dan mengganggu produktivitas. Coba untuk tarik napas mendalam dan embuskan perlahan untuk menenangkan pikiran.

2. Aktivitas Terencana

Sebaiknya buat rencana aktivitas harian. hal ini akan membantu Anda menghemat waktu dan tenaga serta tidak mengerjakan hal-hal yang bukan jadi prioritas. Saat berpuasa, menyelesaikan banyak hal dan berat sekaligus bakal terasa lebih berat.

3. Ingat Kemampuan Manusia Tanpa Makan dan Minum

Sebenarnya, tidak makan dan minum selama seharian penuh masih jauh dari batas maksimal tubuh untuk menerima hal itu. Dengan kata lain, ini hanya lah hal ringan yang mampu diatasi dengan mudah oleh kemampuan tubuh kita.

Menurut penelitian, tubuh manusia bisa bertahan tanpa perlu makanan hingga 3 minggu! Sedangkan, manusia bisa bertahan hingga sekitar 1 minggu jika tanpa minum.

4. Kuatkan Niat

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika melewatkan waktu sahur, adalah tetap membaca niat puasa.

Tekadkan pula dalam hati, bahwa kamu bisa menjalankan ibadah puasa meski tidak sempat sahur.

Ingat juga bahwa puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Islam.

Maka dari itu, jangan pernah menjadikan lupa sahur sebagai alasan untuk tidak berpuasa.

5. Perbanyak Berdoa dan Beribadah

Bulan suci Ramadan mengajak umat Islam untuk memperbanyak doa dan ibadah. Saat memiliki waktu luang, isi dengan ibadah. Jam istirahat makan siang diisi dengan membaca Alquran, zikir, dan doa selepas salat. Ibadah pun bisa berwujud sedekah, itikaf di masjid dengan protokol kesehatan ketat, maupun menunaikan ibadah salat sunah.

Lupa sahur pun bakal teralihkan dengan fokus ibadah.

6. Luangkan waktu untuk istirahat

Saat tengah hari, kadang pikiran kembali tidak tenang. Anda pun berusaha mengalihkannya dengan melakukan aktivitas lain dan berusaha menyelesaikan semua hal sekaligus.

Padahal, jika dipaksakan, tubuh makin lelah padahal jam berbuka masih cukup jauh. Tak ada salahnya meluangkan waktu untuk istirahat.

Normal merasakan lapar, haus, dan lemas karena puasa tanpa sahur. Berikan diri kesempatan untuk istirahat meski ada beberapa pekerjaan yang belum sempat tersentuh.

Baca juga: Tahukah Anda, Kisah Hidup 6 Orang Ini Ternyata Mempengaruhi Kehidupan Lebih Dari Yang Kita Sadari

7. Tidur Siang

Kapan waktu terberat saat berpuasa? Sebagian besar dipastikan menjawab siang menjelang sore. Di momen ini, coba untuk tidur siang sejenak.

Selama 15-20 menit tidur siang akan cukup mengisi ulang energi, menenangkan saraf, meningkatkan semangat dan konsentrasi, juga mengurangi risiko serangan jantung.


Informasi Anda Genggam


Loading...