5 Jenis Makanan Untuk Meredakan Kelelahan

Devi
Jumat, 07 Mei 2021 | 16:14 WIB
Foto : VOI R24/dev Foto : VOI
<p>RIAU24.COM -  Kelelahan merupakan suatu kondisi di mana Anda selalu merasa lelah, lesu, atau kekurangan energi, terutama setelah melakukan aktivitas fisik atau mental.

Selain itu, kelelahan juga bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti kurang tidur, kurang olah raga, dan pola makan yang buruk. Dampak kelelahan bisa menyebabkan Anda merasakan nyeri otot, kurang semangat, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, lekas marah, kehilangan nafsu makan, kesuraman, sehingga badan terasa bertenaga.

Baca juga: Waspada Sindrom Patah Hati, Sedih Berlebihan Sebabkan Kematian dan Penyakit Jantung

Nah, salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kelelahan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya protein, lemak, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral. Berikut deretan makanannya.

Pisang
Pisang merupakan buah yang mengandung kalium yang berfungsi mengubah gula menjadi energi. Pisang juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin C, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, serat dan karbohidrat.

Anda bisa mengkonsumsi satu hingga dua buah pisang setiap hari untuk mengurangi rasa lelah atau mengolah pisang menjadi smoothies dengan campuran buah-buahan lain yang tidak kalah nikmat dan bergizi.

Teh hijau
Jika di tengah aktivitas Anda merasa lelah, cobalah istirahat sejenak sambil menikmati secangkir teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol yang membantu mengurangi stres, meningkatkan energi, dan meningkatkan fokus otak. Selain itu, teh hijau juga terbukti dapat meningkatkan metabolisme dan mencegah kelelahan.

Baca juga: Kasihan, Wajah Bayi Perempuan Ini Alami Luka Mengerikan Usai Dilahirkan Lewat Operasi Caesar Darurat yang Gagal

Biji labu
Meski berukuran kecil, biji labu memiliki khasiat untuk melawan rasa lelah. Biji labu kaya akan protein, omega-3, vitamin B1, B2, B5 dan B6, serta mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, besi dan tembaga. Semua nutrisi ini bermanfaat dalam meningkatkan energi dan melawan gejala kelelahan. Triptofan dalam biji labu juga melawan kelelahan dan meningkatkan kualitas tidur.

Yogurt
Protein kaya, karbohidrat, dan probiotik dalam yogurt dapat membantu Anda melawan kelelahan. Probiotik dalam yogurt juga dapat meredakan gejala sindrom kelelahan kronis dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Semangka
Pasalnya, semangka kaya akan air dan elektrolit yang melindungi tubuh dari dehidrasi. Dengan begitu, semangka juga membantu Anda tetap aktif dan bebas dari rasa lelah.


Informasi Anda Genggam


Loading...