Inilah Pengaruh Perceraian Melinda dan Bill Gates Pada Gerakan Amal Dunia

Devi
Jumat, 07 Mei 2021 | 06:24 WIB
Foto : VOI R24/dev Foto : VOI

RIAU24.COM - Melinda dan Bill Gates mengumumkan rencana perceraian mereka.

Tidak seperti pasangan menikah lainnya, rencana perceraian Melinda dan Bill akan berdampak luas bagi banyak hal, terutama dalam gerakan amal di dunia. Melinda dan Bill menetapkan visi strategis USD 50 miliar untuk Bill and Melinda Gates Foundation.

Yayasan Bill dan Melinda Gates menghabiskan USD 5 miliar per tahun untuk menjalankan fungsi yayasan, seperti menangani masalah pendidikan di AS dan memerangi penyakit di dunia.

Baca juga: Kerap Berusaha Untuk Tidak Memusuhi Mitra Dagangnya, Kini Israel Kecam Perlakuan China ke Muslim Uighur

Pengumuman perpisahan Melinda dan Bill itu diunggah secara bersamaan di dua akun Twitter tersebut.

Usai memberikan pengumuman, Melinda menambahkan nama putrinya, 'French', ke profil Twitter-nya: Melinda French Gates.

Melinda atau Bill mengatakan mereka akan terus bekerja sama di yayasan tersebut. "Tapi kami tidak lagi percaya kami bisa tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami," tulis keduanya.

Implikasinya bagi gerakan amal dunia

Gates adalah pasangan filantropi paling terkenal di AS, bahkan dunia. Keduanya memiliki pengaruh besar, dan dengan kekuatan dan kepribadian, Gates mampu melobi kebijakan pemerintah dan menginspirasi miliarder lain untuk menyumbangkan uang mereka. Seorang juru bicara Gates Foundation mengatakan tidak ada perubahan signifikan dalam rencana kerja yayasan tersebut. Baik Melinda dan Bill akan tetap menjadi ketua bersama dan pengawas yayasan atas nama mereka.

"Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui strategi yayasan, mengadvokasi masalah yayasan, dan menentukan arah keseluruhan organisasi," kata juru bicara yayasan, dilansir VOX, Rabu, 6 Mei.

Baca juga: Ajaib, 2 Bayi Mampu Selamat Dari Kecelakaan Mengerikan Setelah Ambulans yang Ditumpangi Menabrak Sebuah Mobil

Setelah mendirikan Microsoft beberapa dekade lalu dan mengembangkannya secara signifikan di tahun-tahun semenjak itu Bill kini semakin sibuk dengan pekerjaan amalnya. Ia bahkan mengundurkan diri dari dewan direksi Microsoft tahun lalu.

Sedangkan Melinda merupakan karyawan Microsoft yang sudah bergabung sejak awal. Melinda aktif terlibat di yayasan. Di tempat lain, Melinda mengembangkan minatnya sendiri terhadap masalah wanita melalui Pivotal Ventures.

Mengenai kekayaan keluarga Gates yang harus diurai, keluarga Gates merupakan pemilik lahan pertanian terluas di AS. Hal ini pasti rumit. Keluarga Gates memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 100 miliar. Dan perpisahan mereka bisa memecahkan rekor penyelesaian perceraian terbesar untuk periode ini. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Jeff Bezos, saat pendiri Amazon menceraikan istrinya, MacKenzie Scott. Saat itu, penyelesaian perceraian mereka bernilai USD 36 miliar.


Informasi Anda Genggam


Loading...