Inilah Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Rizka
Jumat, 07 Mei 2021 | 21:05 WIB
Google R24/riz Google

RIAU24.COM -  Orang memiliki berbagai gaya tidur yang disenanginya dan paling nyaman untuknya. Namun tidak semua posisi tidur yang memiliki dampak kesehatan. Malah beberapa posisi dapat mengakibatkan penyakit.

Manfaat tidur miring ke kanan sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW ternyata berdampak sangat baik terhadap kesehatan. Ini juga sudah dikaji dengan berbagai penelitian medis.

Bahkan, tidur miring ke kanan pernah disebutkan dalam sebuah riwayat Al-Baraa bin Azib yang menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca juga: Waspada Sindrom Patah Hati, Sedih Berlebihan Sebabkan Kematian dan Penyakit Jantung

Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan. (HR. Bukhari-Muslim)

Tidur miring ke kanan juga memiliki berbagai manfaat medis yang luar biasa, berikut di antaranya?

1. Mengistirahatkan otak kiri

Pada dasarnya, otak manusia dibagi menjadi yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kanan bertugas mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, begitu juga sebaliknya.

Dalam keseharian, kita sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Dengan tidur miring ke kanan, makan gantian otak kiri yang mensarafi organ tubuh sebelah kanan. Dan ini dapat menghindarkan dari bahaya yang timbul seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah.

2. Mengurangi beban jantung

Dengan posisi miring ke kanan saat tidur dapat membuat darah terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi ke tubuh bagian kanan.

Hal ini membuat aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih melambat sehingga denyut jantung lebih lambat dan tekanan darah akan menurun. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa orang lain karena posisi jantung lebih condong ke sebelah kiri.

3. Menjaga kesehatan paru-paru

Karena paru paru kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan, maka posisi tidur miring ke kanan lebih baik diterapkan untuk lebih meringankan beban jantung. Hal ini karena jantung juga akan condong ke kanan, dan menekan paru-paru kanan yang ukurannya lebih besar.

Hal ini tidak akan menimbulkan masalah pernapasan. Akan berbeda bila jantung menekan paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil. Selain itu, tidur miring ke kanan juga akan menjaga saluran pernapasan dari berbagai masalah, seperti mencegah jatuhnya pangkal lidah yang akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. 

4. Mengistirahatkan lambung

Apabila seseorang tidur dengan posisi miring ke kiri dapat menyebabkan chime (makanan yang dicerna lambung yang bercampur asam lambung) akan terganggu dan akan memperlambat proses pengosongan lambung.

5. Mencegah Batu Kantung Empedu

Baca juga: Kasihan, Wajah Bayi Perempuan Ini Alami Luka Mengerikan Usai Dilahirkan Lewat Operasi Caesar Darurat yang Gagal

Selain membantu dalam kinerja jantung, ternyata manfaat tidur miring kanan yang selanjutnya yaitu mencegah adanya batu empedu di dalam tubuh. Hal ini karena bila kalian tidur miring kanan maka aliran chime di dalam tubuh akan lancar dan cairan empedu akan meningkat. Lalu sebaliknya, bila kita tidur sebelah kiri maka akan mengurangi cairan empedu, yang mungkin saja berakibat fatal nantinya.

Tak hanya itu saja, dengan kita tidur ke kanan maka akan membantu penyerapan gizi lebih baik lagi ke dalam tubuh. Maka dari itu, tak ada salahnya bila kita tidur dengan posisi ke kanan untuk membantu kinerja tubuh dengan ringan dan lancar.


Informasi Anda Genggam


Loading...