Dari yang Tertua Hingga Paling Misterius, Inilah Tujuh Rahasia Menakjubkan Dari Para Mumi di Mesir

Devi
Senin, 10 Mei 2021 | 14:28 WIB
Foto : Indiatimes R24/dev Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -   Ketika kita mendengar 'Mesir', hal pertama yang terlintas di benak kita adalah piramida dan mumi yang ada di bawahnya. Makam yang sangat besar memberi kita gambaran sekilas tentang peradaban yang ada ribuan tahun yang lalu dan membantu kita lebih memahami kehidupan masyarakat pada periode tersebut.

Berikut adalah tujuh mumi yang memiliki beberapa cerita menarik seputar penemuan mereka ke dunia baru yang kita tinggali saat ini.

Mumi Raja Tutankhamun ditemukan oleh arkeolog Inggris Howard Carter dan rekannya Lord Carnavon pada tahun 1922. Tutankhamun mengambil alih pemerintahan kerajaan pada usia sembilan tahun dan memerintah selama satu dekade, hanya setelah meninggal karena luka-luka yang diderita selama perburuan. Namun, yang mengejutkan, beberapa bulan setelah penemuan ini, Lorn Carnavon meninggal akibat gigitan nyamuk yang terinfeksi sehingga memicu mitos kutukan mumi tersebut.

Baca juga: Pertama di Dunia, Perusahaan di London Ini Akan Membayar Gaji Karyawan Dalam Bentuk Emas

Mumi Firaun Ramses II - salah satu penguasa paling kuat dari peradaban Mesir - telah mengalami kerusakan parah 3000 tahun setelah kematiannya dan membutuhkan pemulihan. Para ahli pada saat itu ingin membawa mumi tersebut ke Paris, Prancis di mana mereka akan mengerjakannya dan membawanya kembali ke keadaan semula.

Namun, saat ini aturan Mesir mewajibkan siapa saja - baik hidup atau mati - memiliki paspor untuk meninggalkan negara itu. Setelah banyak dokumen, dia akhirnya menjadi mumi pertama yang mendapatkan paspor pada tahun 1974. Paspor tersebut memiliki pekerjaan sebagai 'Raja (Almarhum)'.

Hatshepsut adalah mumi wanita lain yang ditemukan oleh Howard Carter pada tahun 1902, namun sarkofagusnya kosong. Dia menemukan makam lain yang memiliki dua peti mati - salah satu pengasuh ratu dan mumi kedua yang tidak dikenal. Penelitian pada tahun 2006 oleh mantan Menteri Negara Urusan Purbakala, Zahi Hawass menggunakan gigi geraham yang ditemukan dalam kotak kayu dengan nama Hatshepsut, pas dengan sempurna di rahang atas mumi yang tidak dikenal itu, mengakhiri pencarian.

Baca juga: Studi: Lumba-lumba Mampu Kenali Teman dan Kerabatnya dengan Mendeteksi Rasa Urin



Para peneliti di Polandia menemukan mumi Mesir kuno yang dimumikan saat dia hamil. Mumi semacam itu ditemukan untuk pertama kalinya di dunia. Analisis oleh para peneliti menunjukkan bahwa wanita itu berusia sekitar 20 hingga 30 tahun. Melihat ukuran tengkorak anak tersebut, para peneliti memperkirakan bahwa wanita itu hamil 26 hingga 28 tahun.

Menmaatre Seti I ditemukan oleh Émil Brugsch pada tanggal 6 Juni 1881, di tempat penyimpanan mumi di Deir el-Bahri. Hari ini ditempatkan di Museum Mesir di Kairo. Dia adalah Firaun selama Dinasti ke-19 Mesir dan ayah dari Ramses II. Makamnya bahkan hingga hari ini digambarkan sebagai yang terbaik yang ditemukan di Valley Of Kings. Sarkofagus besar diukir utuh dan dihiasi dengan rumit di setiap permukaan. Sarkofagus ditempatkan di Museum Sir John Soane di London.

Mumi tertua yang pernah ditemukan adalah Spirit Cave Mummy. Itu ditemukan pada tahun 1940 di Gua Roh di Fallon, Nevada, Amerika Serikat, oleh arkeolog Sydney dan Georgia Wheeler. Analisis oleh para ahli menunjukkan bahwa mumi itu berusia hampir 10.600 tahun dan terkait dengan suku asli Amerika - Suku Fallon Paiute-Shoshone di Nevada. Menurut para ahli, individu tersebut berusia 40 tahun ketika dia meninggal. Tahun lalu, para peneliti di Mesir menemukan sumur sedalam 40 kaki dengan 13 peti mati Mesir yang belum dibuka yang diyakini para ahli telah disegel di dalamnya selama hampir 2.500 tahun. Penemuan itu dilakukan di situs Saqqara, sekitar 20 mil selatan ibu kota Mesir. Situs ini juga dikenal dengan hotspot seperti Step Pyramid yang dikenal sebagai yang tertua di dunia.


Informasi Anda Genggam


Loading...